Pintu Masuk Sirkuit Mandalika Becek dan Tergenang, Kok JIS yang Direnovasi?

Pintu Masuk Sirkuit Mandalika Becek dan Tergenang, Kok JIS yang Direnovasi?

Eramuslim.com – Rencana renovasi Jakarta International Stadium (JIS) sesuai keinginan Presiden Joko Widodo, karena alasan belum memenuhi standar untuk pelaksanaan Piala Dunia U-17, dianggap tidak tepat.

Direktur Political and Public Policy Studies (P3S), Jerry Massie, menganggap, keinginan Jokowi merenovasi JIS bukan karena persoalan standar infrastruktur.

Pasalnya, dia mendapati infrastruktur di Sirkuit Mandalika Nusa Tenggara Barat, yang justru tidak sesuai standar, padahal dibangun pemerintah pusat.

“Pintu masuk Sirkuit Mandalika kini becek dan tergenang, kenapa JIS yang akan direnovasi,” kata Jerry kepada Kantor Berita Politik RMOL, Sabtu (1/7).

Menurutnya, dana triliunan rupiah untuk membangun Sirkuit Mandalika tidak efektif meraup pendapatan. Berbeda dengan JIS yang berada di wilayah ibu kota dan potensi mendulang keuntungan.

“Saya kira stadion yang dibikin Anies sudah berstandar FIFA dan diakui oleh PSSI. Saya lihat ini hanya bagian gengsi dan nuansa politis sangat kental,” demikian Jerry.

Sumber: RMOL

Beri Komentar

76 komentar

  1. Bukti apa penulis punya bhw JIS sdh berstandar FIFA? Tolong nulis yg obyektif utk menghindari fitnah.

      1. Hanya orang-orang Bego dan tolol yg mengatakan ijazah Pak Jokowi palsu, salah satunya kamu .

        1. Otakmu terlalu lama beremdam dalam birokrasi KEBOHONGAN DAN KEMUNAFIKAN shg yg terlihat hanya kurap org lain yg belum tentu benar….!!!
          .smntara kurapmu sendiri yg kronis kau biarkan menganga hingga menjadi akut……itulah dunia hipokrit alias cebong dungu..!
          Paham…!??

        2. Saya termauk yg bego tapi tak sebego kamu yg mau dibegobegoin sama jokowi yg nggak barani nunjukin ijazah palsunya.

      2. Se7 banget.. apa susah nya tinggal tunjukin aslinya.. nyuruh jongos atau buzzar Rp juga gpp kok kalau Jokowi sibuk.

    1. JIS arsitek n pengawasan standart FIFA tapi tidak standart PSSI???
      yang perlu direnovasi itu FIFA bukan PSSI.
      PSSI hebaaaattt????

      1. Yg komen pada tolol rata2 pendukung Anis ..anjir.. kenapa tdk standar FIFA . karena akses cm punya 1 pintu.terus tempat parkir tdk memadai jd jgn dikit2 politik kalian itu cm di jadikan alat untuk kekuasaan maka jgn terlalu bodoh berpikir.emg kl Anis atau yg lain terpilih dia mau dtg kerumah mu trs ngasi bantuan.

        1. Akses keluar ada 4 tp dibuka cuma 1 biar ada masalah, keji banget, gak mungkin pintu stadion cuma 1 bangsat.. di kota ku saja stadion kelas kecamatan pintu nya 2 bego dipiara

        2. Akses masuk area JIS ada 4 Om, cuman saat ini memang baru satu yang dibuka karena sisanya menunggu integrasi dengan transportasi publik sedangkan pintu masuk gedung stadion banyak Om. Kalau untuk lahan parkir memang JIS didesain untuk lahan parkir yang tidak luas karena mengusung filosofi eco stadion atau go green sesuai anjuran FIFA, jadi penonton diharapkan ke stadion tidak memakai kendaraan pribadi tapi memakai transportasi publik seperti di eropa sana.

        3. Mang kamu udah cek itu JIS 1 pintu bego pintu nya lebih dari 4.. main nya jauh dikit jgn di kandang sapi aja..

        4. Apalagi kerumah ente Rikky, yg kerumah ente itu paling ketum PSI yg kejeblos lumpur… Ini mah masih dibawah umur…

        1. katanya ada 4 pintu besar dan ada127 pintu lainnya diseluruh area, kalo parkiran di luar negeri ada yg cuma nampung 500 mobil…kalo di Indonesia minimal muat brp untuk standar FIFA dan brp untuk standar PSSI??

    2. Klo nulis coba lah di buat nalar yg bagus dikit. Mandalika sama JIS kan beda, yg satu sirkuit balapan dan satu ge sepakbola. JIS di perbaiki karena akan diadakan world cup u17. Nnt klo ada event balapan pasti Mandalika juga akan di perbaiki kok. Jadi gak perlu lah berpikiran terlalu dangkal dan sempit.

      1. Mandalika di pake buat balapan bulan Oktober cebong dungu klu pildun u17 November knp jdi jis dluan yang di renov bkn nya mandalika dasar cebong tolol

        1. Hai Njay, untuk sementara Mandalika gak bakal diurus…masih rugi..gede banget lagi. Bisa bikin JIS satu lagi. Kalo cuma becek dan tergenang yaa panggil aja tukang ledeng sedot airnya..tukang aspal poles lagi biar dana yg dikeluarkan tidak menambah kerugian..susah emang bikin buzzer ngerti…ngerinya utaaaang melulu

      2. Indonesia emang negara bacot.. ga ada yang bener bagi lawannya.. dan ga ada yang salah bagi pendukungnya.. kwkw

    3. Buktinya apa JIS belum standart FIFA, Yg berwenang ngasih standart itu FIFA mas, bukan jokowi, PSSI apalagi buzzer Rp,Takut amat sih sama Anies

    4. nt pernah baca atau nonton di tv ngga…JIS kan assesor FIFA yg meng audit nya…kurang apa lagi…sedangkan PSSI punya stabdar baku ngga ttg stadion2 diindonesia …maka nya buka matacdan hati…jgn iri dengki yrus dibawa

  2. Renovasi JIS ibarat kata, sekali dayung dua pulau terlampaui.
    Satu sisi politiknya bisa membenamkan nama yang membuat,
    kedua sedikit renovasi tapi bisa keluarin anggaran, siapa tahu dapat traktiran makan nasi pecel di warung Bude Yem dari yang ngucapin terima kasih atas proyek renovasinya.

    Tapi tujuan utamanya yg nomor satu kayaknya.
    Salam olah raga.

      1. Sok tau lo, JIS itu punya 4 pintu akses ke stadion, sementara punya ratusan pintu tuk keluar dari stadion, dan itu sudah melebihi standar FIFA.

        Konsultan JIS adalah Konsultan internasional asal Inggris yg bangun stadion internasional di Eropa dan Qatar.

        Jadi jangan di politisasi.

    1. Hanya orang-orang yg mendukung KHILAFAH yang merasa si anis baswedan punya nama, bagi orang-orang yg waras….., anis baswedan itu hanyalah penyair yg pintar merangkai kata-kata supaya enak didengar orang-orang yg gampang ditipu.

      1. Pardoman makan daging Anjing kau d Lapo -lapo sana, jgn banyak bacot kau,,,tau apa kau tentang khilafah.

    1. Contoh jurnalis yang objektif itu seperti?
      Yang memuji pemerintah? ato yang mencela oposisi/non pemerintah?

  3. Pokoknya pikiran mereka itu tenggelamkan hasil kesuksesan Anies BW.. karena ngeriiiii..

  4. Gini aja panggil hadirkan orang FIFA yg datang ke jis tempo hari.kan org FIFA yg bilang ok semua.urus tu Mandalika banjir

  5. JIS kan yang inisiatif Anies , jadi apapun yang ada Anies nya pasti ” salah , dikorupsi ” dll

  6. JIS hanya punya pintu exit 1…trus klo ada kebakaran…para penonton mo jadi sate ?

    1. Sok tau lo, dasar goblok, lo pikir konsultan internasional goblok kayak lo, pintu aksesnya 4 hanya baru dibuka satu.

    2. 4 pintu bego… kemarin sengaja yg dibuka 1, biadab. Mana mungkin stadion kelas dunia pintu cuma 1..

  7. Jokowi emang sentiment dgn Anies,itu intinya dan Joko ini tdk mau Anies di elu elukan rakyat. Joko mau punya karya tpi gak punya ide dan gagasan…kan TOLOL.

  8. Makax klo punya duit beli tiket masuk stadion ..bukan nyelonong kyak pencuri..biar bisa liat brp pintu exit di JIS tolol

  9. Itu berita lama boss, berita pertama mandalika mengadakan race, di updated dong otaknya biar bukan fitnah yg disebarkan
    Btw, JIS itu tempat ibadah, bukan tempat untuk OR, makanya Jakmania tdk boleh bermarkas di JIS …

  10. Penulisan berita jurnalistik mestinya harus berimbang, faktual dan obyektif bukan semuanya selalu dipolitisasi, digoreng ke arah politik praktis like and dislike.

  11. Standard internasional tapi gak standard PSSI , FIFA terkekeh liat dan denger JiS penuh fitnah.alasan pintu rumput akses ayo tak kasih liat ikut ke camp Nou ke Santiago Bernabeu ke Olimpico mana yg jauh bagus

    1. setujuuuu… kayaknya warga Jakarta gak suka kalo GBK punya sandingan…JIS harusnya dibanggakan dan disyukuri..

  12. Klu bisa jgn saling menjelekkan kita selaku masyarakat klu ada yg kurang berikan impo ke pemerintah atau yg mengelola klu sdah pecah pasti saling kritik hasilnya jadi terbelah , mari dukung siapapun presiden, gubernur, bupati itu hasil demokrasi setiap 5 tahun….

  13. Bukan karena belum standar FIFA,tapi karena itu hasil era gubernur Anis,makanya mo di renov….jijk

  14. Kalau nggak ngerti teknis jangan sok tau dan langsung hujat, emangnya paham standar FIFA apa saja??? Makanya banyak baca referensi & literatur. Ini malah kelihatan bodohnya …..

  15. JIS diharapkan bisa jadi venue piala dunia… memang betul JIS mencontoh stadion eropa.. tetapi pertanyaannya apakah transportasi umum kita sudah memadahi ? Yg kedua lokasi dan kepadatan penduduknya tentu beda dengan eropa… stadionnya boleh berstandart eropa tetapi karena lingkungannya tidak menunjang seperti eropa tentu perlu penyesuaian… tanya saja penulisnya coba ke JIS pilih naik motor atau mobil sendiri atau pakai bus way atau kopaja ? Berapa jumlah kendaraan umum itu yg tersedia ? Mampukan menampung 40.000 penonton dari kapasitas stadion 82.000 penonton… klo tidak mampu baik akses kendaraan maupun jalannya, berarti perlu renovasi… atau memangsalah memilih lokasi stadionnya..

  16. Tunggu Anoes jadi Presiden saja biar junjunganmu bisa bikin sesuka hatinya. Jangan komentar yg kau nggak tau penyebabnya. Dasar otakmu penuh dengan kebencian!!!

  17. Jis itu dibangun utk event international pastinya sdh direncanakan dan dikerjakan sesuai dgn ketentuan dari badan international,nah siapa yg akan renovasi nya artinya mereka² itu masih buta dgn ilmu dan informasi yg ada dgn dibangunya jis tsb
    Hrsnya sblm ngomong itu cek saja data² yg ada tentang pembangunan jis tsb,blm cek sdh koar² tdk jelas da memalukan

  18. Kalo ngga paham sepak bola, ngga usah komen.
    Kalo ngga tau aturan FIFA, ngga usah komen.
    Kalo ngga ngerti perjuangan PSSI SEKARANG, ngga usah komen.

    Apa maunya nama JIS diganti aja dengan LAPANGAN BOLA HASIL KARYA ANIS BUSWAYDAN?

  19. Gila judul ini kayak org ngk pernah sekolah aja udah pda gila kali ya org2… Jelas2 lapangan mau untuk Piala Dunia ya harus di renopasi lah bukan??????

  20. Harusnya buktikan dulu biar tahu sendiri jgn hanya katanya, kalian jgn seperti kerbau yg dicucuki hidungnya dan ditutupi matanya hanya ngikuti berita2 bohong dr para bazzer2 bayaran.

  21. Biasalah tahun2 politik dijakarta itu siapa yg berkuasa yg Bagun JIS itu siapa, makanya ingin direnovasi agar yg merenovasi dianggap,…….huh politik politik.

  22. Lihat kepentingannya dong…ini kan perhelatan Dunia U-17 yg membutuhkan waktu untuk rehab. Lha kalau Mandalika cuma becek doang … Ya tinggal panggil tukang aspal kan beres biar sekalian hitung2an hutangnya…

  23. Mandalika HArus Di AUDIT Menyeluruh. Siapa yg terlibat koropsi harus di gantung di patung bungkarno di bandung dan diseret di mandalika dgn mobil ESEMKA

  24. Berita renovasi jis ini kan hanya pengalihan isu kasus kerugian sirkuit mandalika yang mencapai triliunan rupiah,sebenarnya jis itu sudah berstandar fifa tinggal menambah prasarana pendukungnya saja

  25. Tolong pemerintah dan mrdia sama2 benar2 obyektif dan apa adanya dalam memberitakan JIS yaa. Jangan di campur adukkan dengan politik yang ujung2nya merugikan persebolaan kita yang mulai berkembang dan bergairah kembali..
    Takutnya jika sampai ke telinga FIFA sepak bola kita dibekukan dech kaya beberapa tahun lalu. Jangan sampai sepak bola kita layu sebelum berkembang..

  26. karna jis dirncanakan mau dipake utk piala dunia u-17 eajar dong kekuranganya di tambahin , cerdas dikit gitu lho jngn asal gue ga seneng lu