Pew Research Center: Islam Akan Dominasi Dunia Pada Tahun 2070

kabahEramuslim.com – Lembaga riset ternama dunia, Pew Research Center, mengatakan bahwa Muslim akan mendominasi dunia pada tahun 2070 mendatang.

“Kristen muncul tujuh abad sebelum Islam, tapi Islam pada akhirnya akan mengejar (jumlah mereka),” ujar Alan Cooperman, direktur penelitian agama Pew, seperti dikutip dari World Bulletin.

Kristen saat ini merupakan agama dengan pemeluk terbanyak di dunia dengan 2,2 miliar jiwa. Sementara penelitian yang dilakukan Pew menunjukkan bahwa Islam merupakan agama yang pertumbuhannya paling cepat di dunia

Islam, menurut Pew, akan menguasai 30 persen populasi Bumi pada tahun 2050 mendatang. Angka ini meningkat dari hanya 23 persen pada 2010 lalu. Itu berarti jumlah Muslim akan menyamai jumlah umat Kristiani 35 tahun mendatang.

Dengan kecepatan pertumbuhan seperti itu, Islam akan menjadi agama mayoritas di dunia pada tahun 2070, apalagi jika mengingat pertumbuhan umat Kristiani yang mengalami perlambatan.

Pada 2050, diperkirakan jumlah umat Kristiani bertambah dari 2,1 miliar jiwa menjadi hanya 2,9 miliar. Sementara itu, umat Muslim di dunia akan berjumlah 2,8 miliar jiwa dari hanya 1,6 miliar penganut saat ini.

Namun demikian, Cooperman menegaskan bahwa hal tersebut tidaklah pasti karena banyak hal yang dapat terjadi dalam beberapa tahun ke depan.

“Kami tak mengatakan bahwa hal ini pasti terjadi. Ini akan terjadi jika pola dan tren yang terjadi sekarang terus berlanjut,” katanya. “Kita tak tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Mungkin ada perang, revolusi, kelaparan, wabah penyakit. Ada hal-hal yang tak dapat diprediksi oleh siapapun dan hal itu tentu saja akan mengubah segalanya.”(ts/rn)