Pengamat Politik: Upaya Amien Rais Bongkar Dana Kampanye untuk Tegakkan Hukum

Pengamat politik Bachtiar Effendi menyatakan, upaya mantan Ketua MPR Amien Rais membuka kampanye Pilpres 2004 adalah langkah terpuji untuk menegakkan hukum di Indonesia.

"Biarkan saja, ini perseteruan Pak Amien dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Nanti akan ketahuan siapa yang jujur dan yang tidak, " kata Bachtiar kepada pers dalam acara Press Gathering DPD- Media Massa di Bandung, Ahad (27/5).

Menurutnya, dana pilpres 2004 perlu dibongkar untuk memberikan pelajaran bagi para capres-cawapres pada pemilu selanjutnya. Sehingga, dana-dana yang tidak jelas bisa diklarifikasi. "Dana-dana haram itu tidak boleh terulang lagi, " tegasnya.

Sementara Amien mengaku sudah menyampaikan dua pilihan. “Bagaimana kalau ini sudah berlalu. Kita bangsa besar sudah tahu keadaanya, apakah sampai sekian saja. Kedua yang dana DKP, supaya jujur harus dibuka semua. Tim hakim langsung objektif ambil keputusan yang adil, ” katanya.

Menurutnya, jikafair dan jujur maka harus dibuka dari yang besar hingga yang kecil. “Kepalang basah. Saya akan meminta Panwaslu meminta bertemu kembali dengan KPU. Mereka yang dipenjara dihadirkan kembali dan saya akan sampaikan pernyatan. Intinya adalah bahwa ada pasangan capres dan cawapres yang kalau dibuka banyak sumbangan dari perusahaan fiktif, ” papar mantan Ketua Umum Muhammadiyah. (dina)