Pengamat Politik: HNW, Jimly Asshidiqy Bisa Diajukan Jadi Capres-Cawapres

Pengamat politik DR. Sukardi Rinakit menyatakan, menjelang pemilu 2009 media massa perlu menyosialisasikan tokoh-tokoh muda untuk menjadi calon pemimpin nasional.

"Media massa perlu menyosialisasikan tokoh-tokoh muda, seperti Hidayat Nur Wahid, Jimly Asshidqy, Saefullah Yusuf dan lainnya untuk jadi capres atau cawapres, " ujar Sukardi Rinakit kepada pers pada diskusi dialektika bertajuk "Mencari Pemimpin Alternatif Pemilu 2009" di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Jum’at (27/4).

Menurutnya, kemunculan tokoh-tokoh muda saat ini sangat diperlukan karena selama ini capres-cawapres yang muncul adalah tokoh-tokoh lama, seperti Megawati, Susilo Bambang Yudhoyono, Jusuf Kalla.

"Yang tua itu langkahnya pelan, " katanya.

Padahal, sambung Rinakit krisis bangsa ini perlu penyelesaian yang cepat, dinamis dan kerja keras. Terkait hal itu, ia setuju bila capres-cawapres itu itu harus punya pengalaman memimpin, baik di tingkat daerah, legislatif atau partai.

Namun, sayangnya, terang Direktur Sugeng Surjadi Syndicated ini, banyak partai politik yang mengalami krisis kepemimpinan. "PKB mengalami krisis tokoh, PAN juga demikian, Golkar juga begitu, walaupun ada Jusuf Kalla, " tandasnya. (dina)