Penerbangan Haji Delay, Embarkasi Jakarta Upayakan Pelayanan Terbaik

Pelayanan yang diberikan di dalam embarkasi Pondok Gede Jakarta (AHPG) secara keseluruhan masih dinilai baik, meski terdapat keterlambatan pemberangkatan yang terjadi di sejumlah kloter pada embarkasi tersebut.

"Secara keseluruhan, pemberangkatan Gelombang I dari AHPG berjalan dengan baik meski ada yang terhambat, " kata Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Jakarta Pondok Gede Ismail, di Asrama Haji Pondok Gede (AHPG) Jakarta, Jumat(30/11).

Menurutnya, kloter yang jadwal pemberangkatannya di Bandara Soekarno-Hatta terlambat tersebut adalah pada Kloter 5 yang terlambat selama 11 jam, dan Kloter 6 yang terlambat sekitar 15 jam.

Kloter 5 awalnya direncanakan berangkat dari bandara pada Senin (19/11) pukul 13. 30 WIB, sedangkan Kloter 6 mulanya dijadwalkan berangkat dari bandara pada Selasa (20/11) pukul 09. 00 WIB.

"Persoalan keterlambatan itu adalah karena ada persoalan teknis dari pesawat yang akan memberangkatkan kloter tersebut, "ujar Ismail.

Ia mengemukakan, sebenarnya kloter tersebut bisa berangkat lebih awal, tetapi para calhaj lebih menginginkan agar pesawat yang akan memberangkatkan mereka ke Tanah Suci diganti dengan pesawat yang lainnya.

Namun disisi lain, Ismail menuturkan, aspek lainnya dinilai relatif tidak bermasalah seperti dari segi makanan dan kenyamanan kamar yang terdapat di AHPG, karena asrama haji tempat menampung calhaj dari Jakarta dan sekitarnya itu tengah berbenah diri dalam meningkat pelayanannya.

Secara keseluruhan, embarkasi Pondok Gede Jakarta dibagi menjadi dua gelombang dan direncanakan akan memberangkatkan 49 kloter atau 22. 309 orang yang terdiri atas 7. 278 calhaj dari DKI, 6. 243 calhaj dari Lampung, 8. 521 calhaj dari Banten, 245 petugas kloter, dan delapan petugas nonkloter.

Perbedaan antar gelombang adalah Gelombang I yang berjumlah 24 kloter akan mendarat di kota Madinah, sedangkan Gelombang II sebanyak 25 kloter akan mendarat di kota Jeddah.

Jadwal pemberangkatan Gelombang I dari Bandara Soekarno Hatta dimulai dari 17 November hingga 29 November 2007. Sedangkan jadwal pemberangkatan Gelombang II dari bandara yang sama dimulai dari 30 November 2007 hingga 13 Desember 2007. (novel/mch)