Paus Fransiskus Pakai Pesawat Komersil, Muhammadiyah: Ini Teladan Bagi Para Pemimpin

eramuslim.com – Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir menilai sikap Paus Fransiskus yang datang ke Indonesia dengan pesawat komersil dan tak menginap di hotel berbintang sepatutnya menjadi teladan bagi para pemimpin nasional dan global.

“Paus Fransiskus berkenan berkunjung ke Indonesia dengan menggunakan pesawat komersial dan menempuh perjalanan yang sangat jauh dan tidak menginap di hotel berbintang. Hal itu menunjukkan keteladanan yang dapat menjadi inspirasi penting bagi para pemimpin bangsa di tingkat nasional dan ranah global,” kata Haedar, Selasa (3/9).

Haedar menyambut baik kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia. Baginya, kunjungan ini merupakan kehormatan dan penghormatan bagi bangsa Indonesia.

Ia menyinggung komitmen Paus Fransiskus dalam membangun dan memperkuat hubungan Katolik dengan dunia Islam. Salah satunya kiprah Paus Fransiskus Bersama dengan Imam Besar Al Azhar Muhammad Ath-Thayeb menandatangani Dokumen Abu Dhabi tentang Human Fraternity.

Dokumen Abu Dhabi, lanjutnya, merupakan dokumen yang menunjukkan kesamaan semangat ajaran dan komitmen Islam dan Katolik dalam membangun harkat dan martabat kemanusiaan serta kerjasama antariman dalam perdamaian.

“Rencana pertemuan Paus Fransiskus dengan kelompok-kelompok agama menunjukkan keterbukaan dalam dialog dan kerjasama antar iman serta memperkenalkan Indonesia kepada dunia sebagai negara yang memiliki kemajemukan serta kerukunan agama dan budaya,” kata dia.

Haedar pun mengusulkan supaya pemerintah Indonesia menjadikan pertemuan dengan Paus Fransiskus sebagai momen untuk menyampaikan dan mendialogkan posisi Indonesia terkait masalah Palestina.

“Ini sebagai momentum mengambil prakarsa dan mengembangkan peran perdamaian dunia secara lebih proaktif dalam mencari solusi permanen bagi masa depan Palestina dengan melibatkan berbagai pihak di tingkat dunia,” ucap dia.

Paus Fransiskus dikabarkan menggunakan pesawat komersial biasa alih-alih jet pribadi dalam perjalanannya ke Indonesia pada Senin (2/9).

Wakil Koordinator Media Panitia Kunjungan Bapa Suci Fransiskus Anthonius Gregorius mengatakan Paus Fransiskus menggunakan pesawat Alitalia.

Paus Fransiskus juga dikabarkan tidak akan menginap di hotel, tapi menginap di Kedutaan Besar Vatikan, di Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat.

 

(Sumber: Cnnindonesia)

Beri Komentar