Para Pemudik Diminta Lapor ke Polisi Jika Tinggalkan Rumah Kosong

eramuslim.com – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, mengimbau masyarakat yang berencana untuk mudik dan meninggalkan rumahnya dalam keadaan kosong untuk melaporkannya kepada pihak kepolisian setempat. Hal ini sangat penting untuk keperluan pendataan dan menjaga keamanan.

“Yang akan meninggalkan rumahnya, tolong infokan ke petugas keamanan setempat, sehingga bisa dilakukan patroli,” ujar Kapolri dalam sambutannya di PP PERSIS, Bandung, Sabtu (15/4).

Menurut Kapolri, dengan pengawasan dari aparat keamanan, masyarakat tidak perlu khawatir meninggalkan rumah di masa mudik Lebaran 2023. Sebab, perkembangan keamanan dapat dipantau melalui petugas.

“Jadi masyarakat tidak perlu khawatir dan bisa menanyakan kepada petugas kondisi rumah saya seperti apa. Jangan sampai nanti ditinggalkan tidak diinfokan. Jadi kita harap tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ucap Sigit.

Tak hanya itu, masyarakat yang tidak mudik pun dapat melapor kepada aparat keamanan saat rumahnya ditinggal untuk bersilaturahmi ke rumah sanak saudara. Polri dipastikan akan menjaga setiap keamanan demi mewujudkan kenyamanan di masa Lebaran 2023.

Selain itu, Sigit juga memastikan ratusan ribu personel yang tergabung dalam Operasi Ketupat 2023 akan menciptakan mudik aman dan berkesan. Ratusan ribu personel gabungan itu pun akan mulai melaksanakan tugasnya usai apel pada 17 April 2023.

“Hasil kemarin 148.000-an yang kita turunkan,” ujar Kapolri, Jumat (15/4).

Menurut Kapolri, persiapan Operasi Ketupat 2023 pun terus dimatangkan dengan berkoordinasi bersama stakeholder terkait lainnya.

Kapolri membeberkan, dirinya telah memberikan arahan agar evaluasi mudik sebelumnya benar-benar dilakukan, sehingga persiapan mudik tahun ini benar-benar matang. Harapannya, segala kemacetan yang mungkin terjadi dapat diurai dengan baik.

“Saya arahkan ke seluruh anggota untuk betul-betul bisa melakukan evaluasi sehingga pada saat pelaksanaannya nanti semuanya bisa diantisipasi,” jelas Kapolri.

 

(Sumber: Merdeka)

Beri Komentar