Pamer Keislaman dengan Dua Kali Haji, Assaewad: Tidak Mutlak Disebut Islami

eramuslim.com – Owner Cyber Muslim Grup, Muhammad Assaewad, memberikan komentar menohok atas pengakuan ibadah haji dan umrah Megawati Soekarnoputri.

Assaewad menuturkan, istilah Islam lebih mengacu pada bentuk. Sedangkan Islami, merupakan istilah mengacu pada nilai-nilai kehidupan dan sifatnya.

“Singkatnya, tidak semua penganut Islam akan islami tetapi yang islami sudah pasti beragama Islam,” ujar Assaewad dikutip dari unggahan twitternya, @Muhammad_Saewad (17/2/2023).

Adapun soal ibadah Haji dan Umrah, dikatakan Assaewad. Meskipun berkali-kali dilakukan oleh seorang hamba, jika perbuatannya belum mencerminkan seorang Haji, maka belum layak disebut islami.

“Berapa kali kita haji dan umrah tidak mutlak disebut islami,” tukasnya.

Sebelumnya, Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri mengaku tak peduli bila ada pihak yang menuding dirinya kurang Islami.

Ketua Umum PDI Perjuangan itu kemudian menegaskan keislamannya dengan memamerkan ibadah haji dan umrah yang telah ia lakukan berulang kali.

Hal itu ditegaskan Megawati dalam pidatonya pada Seminar Nasional Pancasila yang digelar di The Tribrata Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Kamis (16/2/2023) kemarin.

“Saya orang Islam, nanti dibilang enggak Islam, naik haji saya sudah dua kali, umrah saya sudah tiga kali, ada yang mengatakan saya enggak Islami, ya bodo amat,” tegasnya. (Sumber: fajar)