Orang Tua Cek Jajanan Anak! Waspadai Fenomena Cuci Darah

eramuslim.com – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin angkat bicara soal fenomena cuci darah di kalangan anak-anak belakangan ini.

Menurut Bey, pihaknya akan berupaya dalam melakukan langkah pencegahan terhadap anak-anak di Jabar. Seperti melakukan koordinasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terhadap pencegahan penyakit tersebut.

“Saya sudah berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan, cuci darah itu sudah stadium 4 artinya ada tahapan-tahapan yang bisa kita antisipasi,” kata Bey usai mengikuti Rapat Paripurna DPRD Jabar, Senin (29/7).

Lebih lanjut Bey mengungkap, pihaknya juga akan melakukan edukasi kepada orang tua agar memperhatikan asupan makanan dan minuman atau jajanan yang dibeli anak-anak.

“Kami akan berkoordinasi dengan seluruh puskesmas melalui Dinas Kesehatan,” kata Bey.

Tak hanya itu, Bey meminta kepada orang tua untuk komprehensif terhadap anak-anaknya dengan cara memperhatikan asupan makanan dan minuman atau jajanan yang dibeli.

“Ini persoalanya gula darah, jadi untuk pengecekan dan edukasi juga terhadap masyarakat bahwa anak-anak agar jangan mudah sekali diberikan minum-minuman yang manis-manis agar usahakan air putih. Jangan beli minuman yang dijual bebas, itu karena kadar gulanya tinggi sekali,” kata Bey.

Bey mengaku belum mendapatkan data akurat terkait jumlah anak-anak yang melakukan cuci darah akibat masalah ginjal.

“Untuk Jawa Barat belum ada, nanti kita tanyakan ke kepala Dinas Kesehatan,” pungkas Bey dikutip dari Kantor Berita RMOLJabar.

 

(Sumber: RMOL)

Beri Komentar