MUI: Ada Upaya Peminggiran Umat Islam Secara Sistemik

tz-turki_03Wasekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI), Tengku Zulkarnain menilai sekarang ini pemerintah disinyalir tengah melakukan upaya sistemik meminggirkan dan melemahkan umat Islam, baik dari peran politik, ekonomi, dan budaya. Salah satuya adalah dengan menghilangkan dana bantuan sosial (bansos) bagi ormas-ormas Islam hingga saat ini.

Padahal, menurut Tengku, ormas memiliki peran dalam membina masyarakat Indonesia dari segi agama. Upaya peminggiran juga terlihat dari penghancuran masjid untuk pembangunan gedung perkotaan yang jelas dimonopoli oleh budaya asing dan kapitalis. Salah satunya adalah penghancuran masjid bersejarah di dalam kompleks Taman Ismail Marzuki Jakarta.

Sepanjang tahun 2014, Tengku menilai jika pemerintah telah berbuat tidak adil terhadap umat Islam Indonesia. Tengku juga menuding jika Presiden Jokowi dan partai-partai pendukungnya kurang berpihak kepada Islam. “Tiap ada perayaan umat Islam tidak pernah datang, tapi natalan mau pergi ke Papua,” tandas Tengku.

Untuk menghindari konflik pada 2015, Tengku menyarankan agar pemerintah Joko Widodo bersikap adil dan proporsional, karena Indonesia itu negeri Muslim terbesar di dunia. Jika tidak, maka siap-siap saja dimusuhi rakyatnya sendiri. [rz]