Muhammadiyah Bantu Pemberdayaan Muslim di Thailand Selatan

Ajakan Muhammadiyah agar penyelesaian konflik dan menciptakan perdamaian di bagian selatan Thailand melalui pendekatan bersifat soft power melalui pemberdayaan dan pencerahan dengan metode dakwah Islamiyah, revitalisasi pendidikan Islam, serta bidang ekonomi mendapat respon positif dari pejabat pemerintah di propinsi bagian selatan Thailand.

Sekitar 40 orang pejabat dan ulama dari Thailand Selatan berkunjung ke Indonesia, dalam kunjungan beberapa hari itu mereka melakukan studi dan melihat potensi-potensi yang pernah disampaikan oleh PP Muhammadiyah dalam kunjungan ke Thailand pada Juli 2007 lalu.

."Ketika itu saya tawarkan kerjasama baik dalam dakwah Islamiyah, bekerjasam dakwah dengan pencerahan. Yang kedua, dalam bidang pendidikan khususnya revitalisasi pendidikan Islam, dan yang ketiga dalam hubungan ekonomi pertumbuhan lembaga keuangan mikro. Mereka sangat tertarik, "jelas Ketua Umum PP Muhammadiyah usia bersilahturhmi dengan pejabat Thailand selatan, di Sekretariat PP Muhammadiyah, Jakarta, Rabu(23/1).

Dalam kesempatan itu, Din juga menawarkan agar diadakan, pertukaran pertukaran guru dan para dai, di mana pihaknya bersedia mengirimkan Dai untuk memberikan pencerahan kepada warga muslim di propinsi bagian selatan Thailand, sedangkan untuk Thailand bisa mengirimkan pengajar agama untuk menimba ilmu di Indonesia.

Lebih lanjut Ia mengatakan, dukungan dari organisasi Islam Indonesia untuk mewujudkan perdamaian di Thailand selatan, sudah diutarakan oleh Raja dan Perdana Menteri Thailand tahun lalu, karena itu hal itu perlu ditindaklanjuti.

Sementara itu, Ketua Dewan Penasehat Pembangunan Perdamaian di Propinsi Thailand Selatan Aziz Benhawan berharap, proses yang sedang dijajaki itu segera terealisasi, bahkan dirinya berharap organiasi Muhammadiyah bisa tumbuh dan berkembang di propinsi selatan Thailand.

"Kami mendorong turut berperan untuk mendorong pertumbuhannya, "ujarnya.

Ia menginginkan, pemberdayaan melalui tiga metode yang ditawarkan oleh Muhammadiyah dapat menjadikan kondisi di wilayahnya lebih kondusif. (novel)