MTQ Nasional XXII Siap Dimulai

Meski di beberapa titik arena Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXII masih tampak belum sempurna, namun Menteri Agama (Menag) Maftuh Basyuni menyatakan kesiapan pelaksanaan MTQ Nasional XXII yang akan dibuka besok Selasa (17/6).

"Kalau dilihat dari persiapannya sudah ready. Tinggal mainnya saja. Kita lihat besok mudah-mudahan sudah lebih nyata, " kata Menag, di sela kegiatan inspeksi mendadak persiapan penyelenggaraan MTQ Nasional XXII, Ahad (15/6).

Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTN) XXII akan digelar mulai 17-24 Juni 2008, cabang yang diperlombakan dalam MTQN XXII ini terdiri dari 7 cabang yakni golongan Tilawah Al-Quran, Hidzil Quran, Tafsir Al-Quran, Khat Al-Quran, Fahmil Quran, Syahril Quran dan menulis kandungan Al-Quran masih bersifat eksibisi.

Menag mengatakan, finishing area MTQ akan dilakukan hari ini. Ketika, ditanya hal yang menjadi perhatian di arena, Menag menyebutkan tentang posisi panggung utama yang terlalu jauh dengan posisi podium utama (podium kehormatan).

"Tapi sudah ada solusi dengan disiapkannya screen (layar besar-red) dan tidak perlu berjalan dari tempat duduk ke panggung, " terang Maftuh. Dalam acara pembukaan MTQ nanti, Presiden SBY akan memberikan sambutan di podium utama.

Disinggung kepastian kedatangan Presiden RI, "Bapak Presiden dipastikan hadir untuk membuka (acara MTQ-red). Kalau tidak ada aral melintang, (Presiden-red) akan hadir lebih awal agar bisa memberikan arahan, " tandas Maftuh.

Menag telah meninjau kesiapan kondisi arena utama MTQ Nasional XXII, mulai podium utama, panggung utama, dan lokasi untuk kafilah. Menag juga sempat meninjau lokasi pendaftaran kafilah di gedung DPRD Banten. Hari ini, Menag akan melantik Dewan Hakim MTQ Nasional XXII yang akan dilaksanakan di gedung DPRD, sekaligus akan berada di Podium Kehormatan pada saat Pawai Ta’aruf Kafilah yang akan digelar siang ini (16/6).

Sebelumnya, tadi malam digelar gladi bersih acara pembukaan di arena utama MTQ. Gladi bersih dihadiri seluruh tim, baik panitia maupun pengisi acara kegiatan pembukaan. Gubernur Ratu Atut Chosiyah dan Wagub HM Masduki serta jajaran pejabat eselon II Pemprov Banten juga mengikuti gladi bersih.

Gladi bersih malam tadi dilakukan dua kali, setelah hasil evaluasi gladi bersih pertama yang dinilai belum maksimal dari aspek teknis, seperti pencahayaan (lighting) dan sound system yang belum menggunakan kekuatan penuh. Namun pada gladi bersih kedua, baik lighting maupun sound system sudah menggunakan kekuatan penuh.

Peralatan musik milik Purwacaraka Band sudah ada di panggung utama dan beberapa pengiring musik sudah diikutsertakan dalam gladi bersih. Sementara dua artis, Dewi Yull dan Opick, tidak ikut dalam gladi bersih.(novel/dpg)