MKD: Bukti Rekaman Setya Novanto Ada Yang Mengedit

sudirman saidEramuslim.com – Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) Sufmi Dasco Ahmad menanyakan keaslian rekaman Ketua DPR Setya Novanto kepada Dirut PT Freeport Indonesia Maroef Syamsuddin.

Menurut Dasco, berdasarkan temuan dari tenaga ahlinya, terdapat empat frekuensi suara yang ada di dalam rekaman tersebut.

“Temuan dari tenaga ahli kami, terdapat empat frekuensi suara di dalam rekaman tersebut. Apakah ada orang lain saat pertemuan itu?” tanya Dasco kepada Maroef disidang MKD, Kamis (3/12/2015) malam.

Mendapat pertanyaan tersebut, Maroef pun membantahnya. “Hanya ada tiga orang,” kata Maoref.

Dasco melanjutkan, jika memang pertemuan itu dihadiri tiga orang berarti ada upaya melakukan editing dalam rekaman itu.

“Karena temuan tim saya itu, ada empat frekuensi, ada yang mencoba melakukan edit suara,” ungkap Dasco.

Anggota MKD dari Fraksi Gerindra itu juga mempertanyakan apakah flash disk hasil rekaman itu telah mengalami pengolahan atau editing oleh pihak saksi dengan bantuan pihak lain.

“Tidak, flash disk itu langsung diserahkan kepada Bapak Menteri ESDM Sudirman Said,” tandas Ma’roef. Jika Ma’roef jujur, berarti pihak yang diserahkan fakshdisk itulah yang mengeditnya sesuai dengan kepentingannya lalu menyebarkannya kepada masyarakat luas.

Seperti diketahui, Maroef hari ini memberikan keterangan di MKD tentang pertemuannya dengan Ketua DPR Setya Novanto. Selain itu para anggota MKD juga menanyakan koordinasi Maroef dengan Menteri ESDM Sudirman Said terkait laporannya terhadap Novanto.(ts)