Meski Muhammadiyah Shalat Idul Adha Hari Ini, Sarankan Umatnya Sembelih Kurban Hari Kamis

Eramuslim.com – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI, Muhadjir Effendy menyarankan kepada umat Muhammadiyah yang menyelenggarakan Shalat Idul Adha hari ini sekiranya menyembelih hewan kurban pada Kamis (29/6/2023). Hal tersebut dia sampaikan saat ditemui di pekarangan Kantor PP Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (28/6/2023).

“Saya menyarankan untuk Shalat Idul Adha hari ini supaya tidak langsung melakukan penyembelihan kurban,” kata dia dikutip laman TVOne.

Hal ini pun dimaksudkan agar ada keseragaman dengan umat muslim yang menyelenggarakan shalat Idul Adha pada hari Kamis. “Jadi penyembelihan kurbannya besok bersama-sama dengan saudara-saudara kita yang melaksanakan Idul Adha besok ya, biar lebih kompak,” pungkasnya.

Sebelumnya, Sekum PP Muhammadiyah Prof Dr Abdul Mu’ti hari, hari Selasa (20/6/2023) juga telah memberikan himbauan kepada warga Muhammadiyah untuk menyembelih hewan kurban pada hari Kamis agar bisa bersama-sama dengan jamaah muslimin lain.

“Alangkah baiknya penyembelihan hewan qurban dan pembagiannya dilaksanakan pada 29 Juni atau setelahnya sebagai wujud toleransi dan saling menghormati,” tambah Mu’ti melalui akun Instagramnya.

Menurut Abdul Mu’ti, himbauan ini guna menunjukkan sikap toleransi Perserikatan Muhammadiyah kepada umat Islam lain yang merayakan Idul Adha hari Kamis, 29 Juni 2023.

(Hidayatullah)

Beri Komentar