Menteri PUPR Belum Pastikan Kapan JIS Direnovasi, Kader Demokrat: Renovasi LRT Saja!

eramuslim.com — Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimoeljono belum emastikan kapan Jakarta Internasional Stadium (JIS) direnovasi. Karena menunggu keputusan federasi sepak bola dunia, FIFA.

Hal ini ditanggapi kader Demokrat, Soetoyo. Anak buah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) itu mengungkit LRT Jabodebek yang ramai disorot beberapa waktu lalu.

Dia menyarankan, agar LRT yang disebut banyak persoalannya itu saja yang direnovasi. Ketimbang JIS yang kontroversi apakah sesuai standar FIFA atau tidak.

“Untuk renovasi LRT saja?” ujar Soetoyo dikutip fajar.co.id, Senin (7/8/2023).

Sebelumnya, LRT ini banyak disorot karena diduga salah desain. Yakni pada jembatan Lengkung Bentang Panjang, yang berada di ruas Kuningan, Jakarta Selatan.

Jembatan itu disebut seharusnya dibuat lebih lebar agar kereta dapat melaju dengan optimal. Karena itu, rangkaian kereta LRT Jabodebek harus berbelok dengan kecepatan pelan saat melewati jembatan ini.

Kabar kesalahan desain itu dibeberkan Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo. Tidak hanya salah desain jembatan, ia juga membeberkan persoalan lainnya.

Salah satunya, 31 kereta yang didarangkan berbeda spesifikasi. Baik dari ukuran, kecepatan hingga pengereman.

Karena itu, sistem perangkat lunak (software) harus diperbaiki. Buntutnya, biayanyapun menjadi membengkak.
(sumber: Fajar)

Beri Komentar