Mensos Tolak Penggabungan Depsos dan Depkes

Menteri Sosial Bachtiar Chamsyah menyatakan, usulan penggabungan sejumlah departemen yang terdapat dalam draft Rancangan Undang-Undang (RUU) Kementrian Negara tak menjamin menyelesaikan masalah.

"Kita tidak boleh berpikir penggabungan itu otomatis akan selesaikan masalah, " ujar Chamsyah kepada pers usai mengikuti rapat dengan Panitia Khusus RUU Penganggulangan Bencana, di Jakarta, Kamis (1/3).

Ia mengakui keberadaan UU Kementrian Negara tetap diperlukan tetapi dibutuhkan sejumlah kelonggaran. "Beri peluang pemerintah untuk ikut menyusun, " katanya.

Bachtiar menilai usulan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang ingin menggabungkan Departemen Sosial dan Departemen Kesehatan dalam draft RUU Kementrian Negara tak realistis. "Kalau saya sebagai menteri sosial, berat, " ujar politisi PPP itu.

Sebagaimana pengalaman pada era pemerintahan Gus Dur, terang dia, penghapusan Departemen Sosial membawa sejumlah implikasi, seperti nasib pegawai yang sudah puluhan tahun berkarir. "Begitu juga dengan penggabungan departemen, " tandasnya. (dina)