Menpora Sebut Jokowi Ingin JIS Memenuhi Standar, Pengamat: Ada Kesengajaan Rusak Reputasi Anies

Jakarta International Stadium - TribunnewsWiki.com

Eramuslim.com – Pengamat Kebijakan Publik Gigin Praginanto mengomentari perihal Jakarta International Stadium (JIS) yang akan direnovasi agar sesuai standar Federasi Sepak Bola Dunia atau FIFA.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo. Ditto mengatakan ada sejumlah catatan terkait JIS yang membuat stadion yang dibangun di era Anies Baswedan itu harus diperbaiki.

“Memang Bapak Presiden juga menginginkan JIS direnovasi sesuai standar,” ujar Dito saat ditemui di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Rabu (28/6/2023).

Salah satu catatan tersebut yaitu akses pintu masuk serta area parkir di JIS. Dito mengatakan bahwa JIS masih dipertimbangkan sebagai venue untuk Piala Dunia U-17 yang akan digelar pada November 2023.

Dia menegaskan bahwa Presiden Jokowi ingin 22 stadion di Indonesia bisa digunakan kapan pun. “Yang pasti target kita adalah, dari Bapak Presiden adalah 22 stadium di Indonesia ini bisa digunakan kapan pun,” imbuh Dito.

Menanggapi hal tersebut, Gigin mempertanyakan apakah Dito mengetahui bagaimana kriteria stadion yang memenuhi standar FIFA.

Ia mengkhawatirkan pernyataan Menpora yang baru dilantik beberapa waktu lalu itu hanya bertujuan untuk merusak reputasi mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

“Dia tahu gak standar FIFA itu apa? Saya kuatir ini pernyataan politik untuk merusak reputasi Anies,” ujar Gigin, dikutip Suara Liberte dari akun Twitter @giginpraginanto pada Jumat (30/6/2023).

Sementara itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono akan menindaklanjuti arahan Presiden Jokowi terkait JIS dengan bertemu dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

“Saya akan berkoordinasi dengan beliau (Ketua Umum PSSI) secepatnya, kalau memang perlu direnovasi, direnovasi,” ujar Basuki di Kementerian PUPR, Jakarta, pada Kamis (29/6/2023), dikutip dari Antara.

Sumber: suara

Beri Komentar

56 komentar

  1. Jilat trs sampai ke lubang paling bau sekalipun. Sdh jelas oeryataan fifa, stadion jis sangat memenuhi standar fifa. Antara ndablek dan tolol memang beda tipis.

    1. Tinggal nyontoh GBKYang tempat parkirnya luas dan pintu masuknya banyak, kok ribet banget sih..

      1. Sebagai RAKYAT pastinya bangga dgn orng yg pertama x bikin, serta bahagia dan senang juga ada yg mau benerin lebih bagus, jdi semuanya punya niat naek buat bangsa indonesia

    1. Ijazah aja belum jelas sotoy, JIS itu sudah standar FIFA., kalau tempat parkir kurang luas memang konsepnya adalah penonton yg akan ke JIS menggunakan transportasi umum, seharusnya transportasi umum yg sudah dirancang itulah yg kemudian dilanjutkan.

  2. Sayang stadion bagus aksesnya kurang memadai…tinggal sedikit aja direnovasinya….tempat parkir kurang luas….jangan di jadikan alat politik…yg penting renovasinya harus tepat….

    1. Alesan tempat parkir terbatas, untuk mengurangi jumlah kendaraan, mengurangi kemacetan, menambah pemasukan untuk angkot, ojek dan angkutan umum lainnya, dan yg lebih penting mengurangi polusi udara di jakarta, semoga paham sampai sinih.

  3. Menteri PUPR aja bingung. JiS apa yg di renovasi? akses jln ya memang blm selesai Panggil Konsultan dan Kkntraktor, untuk duduk bersama, mau nya stsndard Jokowi

  4. Dari dulu juga FIFA bilang gak memenuhi standar FIFA. Ini tim hore anies halusinasi mulu…sadar woiii…apa tunggu ada korban kae kanjuruhan???

    1. Meluruskan aku arema. Malang ada korban karena gas airmata. Akhirnya panik dan berebut keluar. Sebelumnya kanjuruhan dak pernah ada masalah. Sekali lagi GAS AIR MATA COK

    2. Jonas jangan marah ya, kalau honor jadi hambanya jokowi tinggal sebungkus nasi Padang wkwkwk

    3. Sering baca berita bong,jgn asal bunyi.fifa aja udh cek lgsug stadionnya menyatakn udh standart fifa,lu blg gk.mknya sering bac,otak di pkek

  5. Woiii… Wong gemblung,emang Anis punya reputasi? Reoutasi Anis emang ada?! Kenapa banyak pengamat pada gemblung yak,org gak ada reputasi terus di casing se olah2 ada prestasinya,pdhl Wan Jebot itu gak bisa kerja;

  6. Bung Gigin P. Kalo mau jujur apa sih prestasi Anies Baswedan? Coba anda katakan hasil aoa yg dikerjakan AB selama jadi gubernur DKI yang anda bilang prestasi? Disana dirusak, disini dirusak. Ngomongnya duiiit terus. Dimana dia saat Covid19 di DKI? Jadi kami bukan mau jelekin AB, tapi memang dia jelek he he. Bung Gigin gak jujur dan pura² tutup mata. Ya itulah karakter anda!

  7. Pemerintah mengajukan stadion jis ke fifa untuk pagelaran pildun u17 di indoneaia… fifa menyebutkan kalo jis tidak memenuhi standard fifa… pemerintah dan bp presiden ir.joko widodo ingin JIS bisa di gunakan untuk even teraebut… sadar diri lah kalian jis emang blum memenuhi standard dari daya tahan stadion… kan pernah rubuh pagarnya… waktu peresmian… ini penilaian fifa bukan bp.jokowi… mudah mudahan pemikiran kalian terbuka untuk bijak… jangan jadi GONLOK mulu kayak anus basedeng…

  8. Kalo mau bangun stadion skala internasional, ya harus ikut standard FIFA, cari arsitektur yg paham/ahli ,bukan asal jadi.

  9. Kadrun memang termasuk golongan hewan ya..kmarin pemerintah diam aja liat jis bobrok bgitu Kadrun pada ngomel nuduh pemerintah sengaja menelantarkan. Kata Kadrun waktu itu “yg pnting Anis udah bikin, kalo masih ada kekurangan ya bnahi dong”…nah skarang pemerintah mau benahi, eh Kadrun ribut lagi “wah sengaja tuh mau direnov supaya jos kliatan jelek”

  10. Hanya orang berpikiran picik dan syirik akan kelebihan seseorang di pandang dengan mata tertutup biar lah netizen yang berakal sehat yang menilai baik buruknya , pada hakikatnya kita semua akan di minta pertanggungjawaban oleh tuhan yang maha esa (ALLAH swt).

  11. JIS dipastikan butuh renovasi besar terutama utk memenuhi FIFARULES terkait Keamanan. Ketika JIS digunakan utk acara besar, banyak pagar pengaman besi roboh dan terlihat jelas pagar itu tertanam di dinding bata ringan / bukan beton – tak ckp luat menahan beban apalgi vandalisme. Desain standar tidak dilaksankan dg sempurna.
    Perencanaan sdh memperhatikan fifarules nsmun pelaksanaan pembangunan mengabaikan banyak prinsip struktur dan itu sangat berbahaya. Kontraktor tdk terarah & diawasi sec profesional

  12. Mumpung uang utangan masih ada, lanjutkan p Dito jgn sungkan sungkan kalo mau renov cek kursi duduknya ada baut yg kendor kaga…

  13. Alesan tempat parkir terbatas, untuk mengurangi jumlah kendaraan, mengurangi kemacetan, menambah pemasukan untuk angkot, ojek dan angkutan umum lainnya, dan yg lebih penting mengurangi polusi udara di jakarta, semoga paham sampai sinih.

  14. Lht sendiri tuh Anies spt ap? Bangun stadion aj kaga becus, mo jd Presiden? Ranking 3 abadi deh, pelengkap penderita.

  15. Faktanya adalah komentar penonton saat consernya si artis yang mantan napi itu siapa sampai lupa ayhnya Jaelani. Penonton berjuang hidup dan mati saat selesai konser. Karena hanya satu pintu.

  16. Buser anies sampai mati matian memainkan playing victim. Kalo sekarang bukan tahun politik dan pak anies masih gubernur pasti adem ayem dan segera direnovasi buat pencitraan. Kalau memang perlu diperbaiki ya kenapa tidak?? Perbaiki saja buat kehormatan bangsa indonesia. Tolong ya semua yang buser anies sadar.. yang dilakukan pemerintah buat bangsa. Harusnya kalo jadi orang bijak dan rendah hati mau bersedia dikritik dan diperbaiki jika ada yang kurang. Kalau anda skalian bilang ingin merusak pencitraan anies, tidak usah bicara stadion jis. Liat aja sumur resapan, rumah dp 0%, penanganan banjir di jakarta waktu dia menjabat gubernur jakarta. Itu aja udah raport merah dan bukti nyata dia tidak bisa kerja. Hanya bicara yang manis dan muter2 saja yang paling menonjol di sosok beliau. God bless Indonesia!

  17. T**k lu Gin. Fifa udah ngomong klo JIS saat ini tdk memenuhi standard. Lagian ngapain mo rusak reputasi Anies, emang dari sononya udah rusak. Emang hasil kerja Anies ada yng bagus? Mikir…

  18. Direnovasi sj sdh geger bela junjungan.sebaiknya pengamat atau simpatisan cek ke lokasi dan tanya lgs ke fifa kalau ngg percaya dgn menpora,pssi atau lainnya.Jgn dibawa ke ranah politis,repot terus kita hanya gara2 beberapa org.

  19. Stadion dgn biaya dari Hibah Pemulihan Ekonomi Nasional 5T bubazir, tiap tahun mengeluarkan dana 60 M tanpa digunakan. Nggak mikir bagaimana bisa dimanfaatkan agar tak bubazir, malah nuduh yg bukan2.

  20. Banyak orang yg gak tau standard stadion yg sesuai FIFA, tp banyak omong …
    Klo JIS itu sdh standard internasional FIFA, pasti pertandingan bola internasional diadakan di situ ! Bukannya politis, tp ini kenyataan !

  21. Pengamat kadrun.. sll TDK obyektif. Klo FIFA gak mau jadiin JIS ajang kompetisi artinya mmg gak standard. Gitu aja dungu

  22. Standar FIFA sdh nggak ada masalah, standar JKW yg belum terpenuhi karena dibangun di Era Pak Anies

  23. Makanya klo bangun stadion tuh mikir dulu..pas gak speknya dgn standar FIFA..jgn asal bangun ja donk

  24. Janganlah arena kebencian, lalu kamu tidak berbuat adil…..
    Sikap yang tidak bijak yang diperlihatkan kepada pak Anies, bahkan selalu mencari cari kesalahan beliau untuk memeredupkan pamornya.
    Tetap tenang dan sabar pak Anies…… semoga Allah SWT senantiasa membimbingmu…..

  25. Sblm mmbangun jis pt jakpro kan sdh konsultasi dn krja sama dgn fifa.
    Knapa mnpora sok tau standar fifa? Coba konfirmasi dgn pt jakpro dulu sblm mau renovasi

  26. Ini media punya PKI, HTI ya ??? heran penulisnya sprti gak punya otak. Udah bagus Presiden punya perhatian untuk memperbaiki JIS agar lolos standar FIFA. Dasar kadal gurun Wan Yaman dan pengikutnya isinya orang2 bodoh yg suka mengumbar kebencian dan hoaks.

  27. Orang muslim baik mmg banyak musuhnya terutama kaum komunis dan para munafik.
    Yg baik di musuhi dan nyinyiri yg dungu dipuja puja

  28. Kedua belah pihak saling hujat…mencari dosa .berfikir positif saja.JIS itu dibangun juga 80% pakai dana PEN pemerintah pusat atas persetujuan presiden Jokowi.Ketika presiden meminta JIS dipakai untuk piala dunia U-17 tetapi direnovasi dahulu adalah hal yg wajar.Pemerintah juga akan merenovasi 22 stadion termasuk memakai VAR.Klau bicara standar FIFA,blum ada sama sekali pernyataan FIFA tentang JIS,jadi jgn dijadikan polemik…renovasi sesuai aturan tertulis FIFA,setelah itu ajukan ke FIFA untuk menilainya…

  29. Hadeuh, pengamat asbun. Semua juga tau syarat stadion yang layak untuk perhelatan internasional. Buktinya Real Madrid, Juventus, dan Barcelona nggak mau diundang Anies untuk bermain di JIS.

  30. Era baru dlm pemberitaan dgn pola dan mashab sesuai sudut pandang dan kepentingan masing2.

    1. Jis itu blom standar FIFA apa standar partai biar bisa buat kumpul kumpul partai tertentu..
      Kaya GBK rumputnya pada remuk daeuuuh…kacau…