Mendiknas Sesalkan Praktek Nepotisme di Perguruan Tinggi

Departemen Pendidikan Nasional menilai masih suburnya praktek nepotisme di perguruan tinggi, terutama dalam proses penentuan dosen. Hal itu tentu sangat disesalkan karena akan mengurangi mutu perguruan tinggi.

"Masih banyak perguruan tinggi yang memilih dosen dengan kriteria utama alumni perguruan tinggi bersangkutan, “ kata Mendiknas Bambang Sudibyo pada pembukaan Research Day 2006 di FSIP UI, Depok, Selasa (12/9).

Ditegaskannya, seharusnya proses penentuan kriteria pemilihan dosen ditentukan oleh kompetensi masing-masing calon dosen. Pemilihan dosen juga didasarkan pada kemampuan dalam mengembangkan riset. Menurutnya, perubahan dalam pola rekrutmen ini akan berimplikasi pada perubahan budaya di universitas yang bersangkutan.

Dalam kegitan Research Day juga digelar ditampilkan berbagai acara seperti presentasi 100 karya ilmiah program S1, S2, dan S3. Selain itu, seminar mengenai pengembangan Aceh dan Nias paskab encana; posisi politik dan sosial Betawi di era Otda serta workshop kampus berwawasan lingkungan, dan lainnya. (dina)