Marzuki Alie: “Ini Negara, Bukan Provinsi/Kabupaten/Kota”

jokowi-bengongEramuslim.com – Terkait krisis yang tengah menghantui Indonesia dan sikap rezim Jokowi-JK yang masih saja plonga-plongo disertai cengengesan, mantan Ketua DPR Marzuki Alie menyampaikan saran dan kritiknya kepada pemerintah terkait gejolak ekonomi yang tengah melanda negeri ini.

Lewat akun Twitter-nya pada Selasa malam ini (25/8), Marzuki menyarankan pemerintah agar mendorong investasi agar ekonomi bergulir. Caranya dengan melakukan deregulasi semua perizinan dan aturan. “Gubernur harus mengecek tentang perizinan, masihmbulet. Investasi didorong agar ekonomi bergulir, agar perbankan dicek bagaimana kredit ketat, bunga bank naik sampai 50% di level 17% dari 12%. Bunga bank tinggi, siapa yang berani invest?” kata Marzuki.

Ia juga mengatakan, kebijakan penghapusan subsidi memang bagus, tapi harus perhatikan multiplier effect-nya, yakni biaya produksi naik, daya beli turun, putaran rendah, kena fiskal. “Membuat kebijakan harus komprehensif, jangan sepotong, kajian yang lengkap. Ini negara, bukan provinsi/kabupaten/kota,” tuturnya.(rd)