Mandalika yang Rugi tapi Formula E yang Diusut, Geisz: Ini Bahayanya Lembaga Penegak Hukum Jadi Alat Kekuasaan

Geisz Chalifah Heran, MotoGP dan WSBK di Mandalika Merugi, Tapi yang Diusut  KPK Malah Formula E - FAJAR

Eramuslim.com – Mantan Komisaris Ancol, Geisz Chalifah kembali menyoroti ancaman akan ditersangkakannya sosok dari Anies Baswedan di Pilpres 2024.

Dirinya geram dengan hal tersebut, hal ini mengingat tak ada sinyal korupsi yang kuat sehingga perlu untuk diselidiki dalam proyek dari Sirkuit Formula E.

Geisz justru menyoroti bagaimana negara dirugikan oleh proyek yang digadang-gadang akan membawa tanah air mendunia, proyek itu adalah Sirkuit Mandalika.

Dibangun dengan pajak masyarakat bernilai triliunan, ternyata sirkuit tersebut malah merugi hingga miliaran, terbalik dengan nasib dari Sirkuit Formula E. Namun tak ada penyelidikan soal korupsi ataupun sejenisnya terkait dengan hal tersebut.

Loyalis Anies Baswedan ini mengungkit bagaimana hal ini janggal, proyek lintasan balapan yang membuat negara rugi malah tak mendapatkan sorotan, beda dengan proyek yang sudah lulus dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

“KPK terfokus pada Formula E yang sudah di audit BPK berkali – kali. Tak ada kerugian negara bahkan layak dilaksanakan,” ungkapnya dalam akun twitter pribadinya, dikutip Jumat (23/6/2023).

Hal ini membuat aktivis kebuyaannya ini menjadi curiga bahwa memang ada kepentingan kekuasaan dalam penyelidikan dugaan korupsi dalam Formula E.

“Bahayanya bila lembaga penegak hukum menjadi alat kekuasaan,” tuturnya.

Sementara itu, Staf Khusus Menteri BUMN III Arya Sinulingga telah buka suara soal kerugian dari Sirkuit Mandalika. Ia menilai bahwa hal itu wajar karena merupakan langkah pertama dari proyek tersebut untuk mendunia. Apalagi dijalankan saat masih santernya ancaman Covid-19.

“Jadi kalau ada rugi, ya wajarlah, karena di mana-mana namanya promosi pertama ya memang rugi. Mana ada orang promosi jualan, untung, kalau semua harus jual, untung, semua bahagia,” katanya di Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Kamis (22/6/2023).

Sumber: suara

Beri Komentar

67 komentar

  1. Dua duanya diperiksa dan diusut tuntas jika ada indikasi korupsinya, langsung tersangkakan. Tapi soal kerugian, bukan hanya di Mandalika yg fasilitasnya super lengkap, yg dikelola dijadikan ajang bisnis. Tapi kalo jujur, pembangunan JIS, yg fasilitasnya ngga lengkap, menelan biaya 5T (lebih besar dari Mandalika) dari dana PEN, pembangunanya malah mubazir dan rugi 60M/tahun, padahal tidak dipakai (Baca:JIS Dinilai PSSI Tak Layak, Biaya Proyeknya Berapa Triliun?
    Tim Detikcom – detikFinance
    Selasa, 13 Sep 2022 11:50 WIB)

    1. Percaya nga om, kalau proyek Anies ada penyimpangan dana, pasti kpk dan kejaksaan akan bekerja 28jam/hari utk segera menjadikan Anies tersangka.

      1. Emang KPK patokannya rugi atau untung?! kan engga, KPK patokannya korupsi atau engga, klo untung tapi korup ya diperiksalah ?

      1. JIS dikondisikan untuk tdk ada yg pakai setelah itu, diseranglah pelaku sejarah berdirinya JIS, mungkinkah begitu?

    2. Boro boro kpk berani ngusut mandalika, ngusut satu orang yg hilang aja ga becus.. Pokoknya selama bisa merugikan rezim ini kpk pasti melempem, enakkan disuruh nyari kesalahan di toko sebelah,.. makanya jabatannya diperpanjang ama rezim yg hanya bisa bikin utang.. Nah mestinya utang ini yg mestinya diusut sama kpk, kemana aja larinya tuh duit utang.!!!

    3. JIS bukan mubadzir….tapi Pssi sejak jaman si Iwan bule tidak mendukung untuk digunakan kalau ada event…malah memilih stadion 2 yg jauh…dan sekarang juga belum tau arah nya Erick Tohir .apakah mau menggunakan jika ada event….dan wajar Anies bangun JIS karna JKT khususnya jackmania tidak punya stadion sendiri…jadi tidak usah melebar ke mana2 karna setiap Anggaran yg dikeluarkan. Oleh Pemprop pasti digodog dulu di DPR…dan ketuk palu nya ada di DPR…kalau DPR tidak meloloskan…ya gak mungkin terwujud proyek nya.

    4. Situ pnya bukti?.. JIS memenuhi standar fifa, tp ngga memenuhi standar pssi.. Logika orang sinting.

  2. Contoh tuyul goblok ….
    Untung atau rugi itu gak ada hubungannya sama korupsi…..
    Ente ngaji dimana ?

  3. Apakah hipotesa mahfud soal malaikat menjadi iblis itu ada pada diri arya sinulingga? Pengen tau bener.

  4. Oallaaa begini amat cara menjastifikasi dari hal2 yg berbeda dgn kacamata pokoke, masalah nya kan pakai anggaran warga jumbo (u bangun sirkuit) tanpa prosedur, perencanaan dan persetuan.
    Kok menilainya dibolak-balik ?

  5. rugi dan korupsi lain ceritanya tong, rugi untuk usaha lain dengan korupsi untuk anak bini, gundulmu pake isinya yang wajar,

  6. Bodoh sekali kalian kalo ada unsur pidananya laporkan saja ke APH tak perlu ngeluh menuduh macam2 kayak anak ingusan

  7. Yang ngomong Mandalika wajar rugi 4.6 T lahirnya sunsang dan otaknya cuma separo sebab pandemi.

    Formula E emang bkn masa pandemi? Juga baru pertama dan tidak rugi. KPK negara rugi usut donk?

  8. Eh diam ya semuanya yg komen karena kita sebenarnya tidak tahu apa yg kita tidak tahu, fitnah itu dosa, bertobatlah kerajaaan Allah sudah dekat

    1. Klo ndak tau ya bukan fitnah namanya, wong ndak tau kok dibilang fitnah. Udah lah klo mau kritik ya kritik aja biar mereka yg cari solusi. Karna mreka di gaji besar untuk cari solusi. Kalian kritik aja sudah

    2. Kelihatan yg koment buzzer atau tidak..
      Yg buzzer ga usah angkat tangan, sdh ketahuan..

  9. Membandingkan sirkuit mandalika dan formula-e,gak bakal nyambung…sirkuit mandalika kerugian yg ditimbulkan karena hasil onsetnya gak sesuai harapan…sedangkan sirkuit formula-e tercatat “cacatnya dihitung sejak perencanaan,pembangunan,hingga penyelenggaraannya..?” Jd gak mungkin nyambung…justru ketika itu dihubung-hubungkan,artinya mau “mencari pembenaran semata,untuk bela anies..!?!”

    1. Anak masih ingusan ikut komen begini ini. BPK itu mewakili negara dan menyatakan laporan formula E oke bae. Ini KPK mewakili siapa ? Pikir pakai otak bukan pakai dengkul ditambah emosi buta boy

  10. Pinter bnget ngeles si arya kyak bemo aja, formula E, prtama tp ssponsor negara tp bs untung,eh mlh dicari kesalahannya, eh mandalika yg jelas di backup negara,rugi lg ..msih mau ngeles …ga tau lg hrs blg apa sm manusia2 yg pintet2 ini

  11. Stadion jis harus diusut tuntas. Masak memghabuskan dana 5 T..tapi nggk bisa kepakai..lagian pinhaman dana PEN kok dipakai untuk stadion. Nggk nyambung

  12. Harus dibedakan rugi dan korupsi. Kalau rugi, tidak berarti kejahatan. Tapi kalau tidak rugi, tapi mengandung korupsi, itu kejahatan. Semoga paham.

  13. Mandalika mendtgkan banyak turis di Lombok itu pasti & event2 selanjutnya sirkuitnya msh utuh tdk dibongkar lg seperti sirkuit formula E. Saya yg org bodoh saja tahu eh ini si Geiz yg pintar kok tdk tahu jd mn yg bodoh nih ???

  14. Ijzh palsu jgn lp dicek lg alumnus x ada ga yg pny bk x mulai SD SMP SMA UGM
    Jgn blg basi…kl bnr gd bukti asli smp dirjen diknas bgm????

  15. Kita dorong semua bentuk korupsi harus diberantas dimanapun itu baik di mandalika maupun formula e.
    Gak usah dulu penggiringan opini apalagi dikait2kan dgn politik.
    Note: rugi usaha dgn tindak korupsi mungkin beda konteks.

  16. Usut Mandalika yg merugikan negara 4.6triliyun.. Siapa yg mau bayar..? Rezim saat ini kah..?

  17. Kita semua warga negara Indonesia, jadilah warga negara yg baik, jgn memfitnah satu sama lain, dukung yg terbaik, bukan terdekat, utk kemajuan bangsa Indonesia

  18. Itu bukan soal untung rugi bung,,,, itu soal korupsi… Kalau yg korupsi ada di Formula E, tentu diperiksa disana… Seperti itu..

  19. ● Mandalika Korupsi nya dimana ?, tolong bicara yg lengkap. Sdgkan E-Formula dugaan2 Korupsinya ada di penggunaan APBD DKI. Cek hasil audit BPKP.

  20. Pohon pohon di monas yg disehatkan, kelebihan bayar alias korupsi di dki, dana formula e kemana dul, apbd dki ratusan triliun selama 5 th ngak jelas entah apa yg dibangun tlg kau jawab itu

    1. So tahu …
      Dibilang ratusan triliun, tahu triliun nol nya berapa aja lu belum tahu dah bilang trilian triliun. Dasar ontohod cap jahe

  21. Itulah.. Klo penegak hukum dikuasai orang bodoh dan gila.. Lbh berbahaya dari maniak pegang senjata.

  22. Ketakutan rezim kalau lengser berseragam rompi orange, bikin proyek klenik bersekutu dengan jin dan setan melibatkan dukun Rara, bgt juga IKN yg koar2 over subscribe nyatanya zonk investor minggat semua, ritual klenik mantra2 air dan tanah dlm kendi/tempayan, tdk koordinasi dgn jin dan setan penunggu hutan, jd investor ketakutan mungkin horor diteror.. ngeri ngeri sedap kata si Poltak..

  23. Ukuran diusut itu bkn dr Untung atw Ruginya Boss.. tp dr kejujuran dlm membangun Sirkuit itu, klo dlm pembangunan Sirkuit Formula E itu diduga ada Korupsinya… ya pasti diperiksa / diusut lah ! krn yg dipakenya itu kan uang Rakyat. Jd gak usah mem banding” kan dg Sirkuit Mandalika.. krn itu lain lg masalahnya. Mandalika mengadakan Even Balap Moto GP itu kan ibarat org dagang… ya bisa untung n bisa jg rugi, tp pembangunan Mandalika gak ada Korupsi Boss n Sirkuit tsb konon katanya sdh diaudit. Nah klo Sirkuit Formula E ud diaudit apa blom tuh.. ya gw gak tau tuh !

    1. Mandalika jelas laporan pertanggung jawaban keuangannya , klu formula E dari tahun lalu diminta laporan pertanggung jawabannya tapi tidak pernah diberikan .makanya ada dugaan korupsi di formula E . Klu acara balapan sekali perhelatan langsung dapat sekian triliun dan langsung untung rasanya tidak mungkin . Mandalika sebagai penyelengara moto GP bagian dari promosi pariwisata indonesia . Yang penting laoran pertangung jawabanya benar

  24. Rugi karena memang rugi atau rugi karena di korupsi beda boss,klo rugi karena dikorupsi KPK pastinya secara diam2 sdh ber aksi gak perlu diajari,apalagi disangkut pautkan dng rumor lain,pinteran dikit boss!!

  25. Beda dong rugi sama nyolong, mandalika rugi, sedangkan formula e nyolong, terus menghindar koar2 dijegal.
    Dasar botak koplok

  26. Kenapa harus kebakaran jenggot kalau memang tdk ada bukti melakukan korupsi jalani saja , sebagai capres harus kooperatif. Nanti kan rakyat bisa menilai.

  27. lucunya warga +62 udah tau fakta dan bukti yg jelas… tetap saja mengingkari.., anehnya lagi..akun yg komen banyak tapi orangnya 1… aliaz para buzzer pintet….maklum cari sesuap nasi buat anak bini dari hasil buzzer laknat… na’uzubillah…