Lebih Awal dari Saudi, Jamaah Aolia Gunung Kidul Sudah Idul Adha Hari Senin

Eramuslim.com – Meski wukuf di Arafah baru akan berlangsung hari Selasa (27/6/2023) dan Pemerintah menetapkan Idul Adha pada hari Kamis (29/6/2023), namun beberapa wilayah Gunung Kidul sudah melaksakana shalat Idul Adha.

Hari Senin (26/06/2023) kemarin, ratusan jamaah jamaah Aolia pimpinan Haji Ibnu Hadjar Panggang III, Kalurahan Giriharjo, Kapanewon Panggang, Kabupaten Gunungkidul menggelar pelaksanaan sholat Idul Adha 1444 H, pada pukul 06.30 WIB.

Ratusan jamaah Aolia nampak khusyu melaksanakan sholat. Kegiatan ibadah  tidak di situ saja, di beberapa masjid juga melakukan hal serupa.

Kapolsek Panggang, AKP Anang Prastawa membenarkan di wilayahnya terdapat beberapa masjid yang sudah menggelar sholat Idul Adha, Senin (26/06/2023) pagi. Menurut Anang Prastawa ada enam masjid jamaah Aolia yang melaksanakan sholat id.

Jamaah terbanyak sekitar 300 orang yang berada di masjid Aolia Temuireng I, Kalurahan Girisuko, Kapanewon Panggang. “Tadi pagi sekitar pukul 06.30 sampai 07.30 WIB ada enam masjid yang menggelar sholat idul adha,” ucap AKP Anang Prastawa.

Selain di Kalurahan Girisuko, sholat Idul juga tersebar di Kalurahan Giriharjo dengan tiga masjid dan Kalurahan Girisekar dengan dua masjid. Tercatat sekitar 900 jamaah masjid Aolia menggelar sholat Idul Adha pagi tadi.

“Pelaksanaan sholat idul adha berjalan terkendali, pengamanan dibantu oleh pihak Koramil dan Banser,” jelasnya, menambahkan, bahwa pihaknya menerjunkan 6 personil dan dibantu pihak Koramil Panggang 13 personil serta anggota Banser PWC NU Panggang.

“Imam dan khotib masing-masing Masjid adalah yakni Masjid Aolia Panggang KH. Ibnu Hadjar, Masjid Aolia Temuireng Bapak Muh. Warsidi, Masjid Al-Maunah Bapak Rawal, Masjid Al-Barokah Bapak Nursidin, Masjid Quba Bapak Sunoto dan Masjid Aolia Jeruken Bapak Sumpomo,” pungkas Anang Prastawa.

Meski sholat Idul Adha sudah hari Senin, informasi yang didapat mereka akan melakukan penyembelihan hewan kurban pada Rabu (28/06/2023) esok hari untuk menghormati warga lainnya yang baru merayakan Idul Adha yang berbeda.

(Hidayatullah)

Beri Komentar

1 komentar