Lapangan Kerja Bertambah, Angka Pengangguran Turun 1 Juta

Menteri Koordinator Bidang Kesra Aburizal Bakrie mengklaim terjadi penurunan angka pengangguran pada akhir tahun 2006 sebesar 1 juta orang, hal ini disebabkan bertambahnya lapangan pekerjaan terutama di luar sektor pertanian.

Menurutnya, penciptaan lapangan kerja antara November 2005 sampai Agustus 2006 lebih besar dari pertambahan angkatan kerja.

"Pada tahun 2006 tambahan angkatan kerja 0, 5 juta, sedangkan kesempatan kerja 1, 5 juta, sehingga Netto penurunan pengangguran sebanyak 1 juta orang, "jelasnya dalam jumpa pers Laporan Tahunan Bidang Kesra, di Kantor Kementrian Kesra, Jakarta, Rabu(10/01).

Lebih lanjut Ical menegaskan, peningkatan lapangan kerja itu dihitung tanpa melihat problem yang terjadi pada sektor pertanian, di mana sebanyak 1, 7 juta orang beralih ke sektor industri, jasa, dan konstruksi.

"Tambahan lapangan kerja sepanjang Februari 2005-Agustus 2006 umumnya pada sektor jasa 22 juta, konstruksi 0, 3 juta, dan industri 0, 3 juta, "jelasnya.

Ia menyimpulkan, pemulihan ekonomi Indonesia sudah menunjukkan dampak positif dalam penciptaan lapangan kerja, meskipun tingkat pengangguran di pedesaan mengalami peningkatan lebih besar dari daerah perkotaan, karena pada umumnya penciptaan lapangan kerja terjadi pada sektor informal.

Meski belum mempunya angka kongkrit tentang prediksi angka pengangguran tahun 2007, namun Menko Kesra berharap angka pengangguran yang bisa berpengaruh pada kemiskinan akan menurun, menyusul diberlakukan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM). (novel)