Lansia Pasien COVID-19 Sembuh Total, Kuncinya Sholat dan Tingkatkan Imunitas

Eramuslim – JURU Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto mengatakan, saat ini jumlah pasien virus corona (COVID-19) yang sembuh terus meningkat. Jumlah orang yang dinyatakan telah sembuh saat ini menjadi 150 orang. Bertambah dari hari sebelumnya.

“Kita bersyukur ada 16 saudara kita yang sudah sembuh, pemeriksaan negatif dan 2 kali berturut turut sehingga bisa dipulangkan, total menjadi 150 orang,” kata Yuri saat jumpa pers, Sabtu (4/4/2020).

“Kondisinya bagus dan tidak perlu dikhawatirkan menularkan penyakit, bahkan kita yakin 150 orang ini memiliki imunitas terhadap COVID-19,” sambung Yuri.

Salah satu pasien yang sembuh dari virus corona adalah lansia berusia 60 tahun yang dirawat di RS Jogja. Hal ini merupakan kabar baik, karena virus membahayakan ini bisa diatasi. Salah satu kuncinya, dengan penguatan daya tahan tubuh seperti mengomsumsi vitamin, berolahraga serta memiliki sikap optimis atau motivasi dapat sembuh kembali.

Wakil Wali Kota Yogyakarta, yang menjadi Ketua Gugus Tugas Penanggulangan COVID-19, Heroe Poerwadi mengungkapkan, pasien berhasil sembuh setelah mendapat perawatan intensif dari tim dokter. Selama masa karantina, pihak rumah sakit memberikan treadment disiplin pasien.

”Vitamin C 500 miligram per hari, makan dan minum cukup, gizi bagus, olahraga cukup dan perilaku hidup bersih dan sehat juga dijalankan. Yang paling penting motivasi untuk sembuh harus tinggi,”ujar Heroe dikutip dari Krjogja, Sabtu (4/4/2020).

Dikatakan Heroe, tim dokter yang merawat harus sabar dalam mendisiplinkan pasien corona. Karena dari sisi psikologis pasien ikut terganggu. Selama menjalani isolasi geraknya menjadi terbatas hingga kerap menimbulkan kebosanan sehingga pasien mencoba untuk kabur.