Labor Institute Indonesia: Jokowi Lagi Galau

8975Eramuslim.com – Jokowi dinilai sedang berada dalam kegalauan yang dalam terkait persoalan calon Kapolri Budi Gunawan yang dia ajukan ke DPR beberapa waktu lalu. Ini disampaikan analis ekonomi dan politik dari Labor Institute Indonesia (LII), Andy William Sinaga, dalam keterangan persnya (19/1).

Menurut Andy, Jokowi galau karena hati nuraninya bertentangan dengan dua partai pengusungya, yakni PDI Perjuangan dan Partai Nasdem. Di satu sisi Jokowi ingin memperjuangkan suara rakyat, dan di sisi lain ia harus pula menaati instruksi elit partai.

Lebih lanjut, Andy mengatakan, di sini letak kelemahan  Jokowi. Alasannya, Jokowi hanya kader PDI Perjuangan yang tidak menjabat sebagai Ketua Umum. Dengan kata lain, Jokowi hanyalah presiden petugas partai.

“Sehingga apapun perintah partai, Jokowi wajib mengamankannya termasuk titipan PDIP untuk calon Kapolri tersebut,” pungkas Andy.

Kegalauan ini sebaiknya segera diakhiri, karena jika lama-lama bisa menimbulkan stress dan banyak sudah orang yang akibat stress berkepanjangan bisa jadi gila. Mudah-mudahan ini tidak sampai terjadi. (rz)