Kwik Kian Gie: Sofjan Wanandi Cocok Jadi Presiden Republik Pisang

kwikEramuslim.com – Pernyataan Kepala Staf Wakil Presiden, Sofjan Wanandi, menuai tanggapan dari mantan Menteri Koordinator Ekonomi, Kwik Kian Gie.

Beberapa waktu lalu, Sofjan mengatakan bahwa Menteri Koordinator Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli telah melawan kebijakan Jokowi terkait dengan proyek 35.000 megawatt listrik. Sebab itu Sofjan meminta agar Rizal Ramli ditertibkan, sebab bila tidak ditertibkan maka Indonesia akan menjadi Banana Republic.

“Ini namanya menghina Rizal Ramli, menghina juga Presiden Jokowi. Maka saya tulis di facebook pada Sofjan Wanandi,” kata Kwik Kian Gie seperti dimuat Kantor Berita Politik RMOL (10/9).

Di facebook, Kwik menulis: “Wahai Sofyan Wanandi, anda itu Kepala Staf Wakil Presiden. Kalau lantas ikut-ikutan marah tentang sikap dan tindakan Menko Rizal Ramli, marah kepada Presiden yang membiarkan keputusannya tentang proyek 35.000 megawatt listrik dikoreksi oleh Menko-nya, terus menyebut Republik ini menjadi Banana Republic atau Republik Pisang, bukankah anda yang menjadikan RI menjadi Republik Pisang.”

Kwik menjelaskan bahwa Republik Pisang itu adalah gambaran negara yang sangat primitif dan bisa dikatakan tidak ada pemerintahan sama sekali. Kehidupan rakyatnya sehari-hari hanya makan pisang saja. “Makanya saya juga bilang di facebook, kalau sudah Republik Pisang, yang paling cocok menjadi Presiden memang Sofyan Wanandi,” ungkap Kwik.

Dan karena itu juga Kwik, menyumbang lagu Banana Boat yang dinanyikan Harry Belafonte asal Jamaica.(rd/RMOL)