Kuasa Hukum Ungkap Keseharian Farid Okbah Cs, Tak Percaya Ketiganya Terlibat Kelompok JI

Kuasa Hukum Ungkap Keseharian Farid Okbah Cs, Tak Percaya Ketiganya Terlibat Kelompok JI

Eramuslim.com – Ismar Syafruddin, koordinator kuasa hukum tiga terduga teroris Ustaz Farid Okbah, Ustaz Zain An-Najah, dan Anung Al-Hamad, akhirnya buka suara.

Menurut Ismar, kabar ketiga kliennya terlibat dalam kelompok teroris Jamaah Islamiyah (JI) masih menjadi tanda tanya. Sebab, Ismar menilai, keterlibatan tersebut jauh dari keseharian yang dilihatnya.

“Untuk masalah JI, kita masih tanda tanya. Masalah beliau dituduhkan itu (terlibat kelompok JI, red) suatu hal yang menurut kami jauh dari fakta-fakta yang sebenarnya,” kata Ismar, dikutip dari tayangan Youtube tvOne, Rabu (17/11/2021).

Ismar kemudian mengungkapkan keseharian dari Farid Okbah. Menurut Ismar, dalam kesehariannya, Farid Okbah sudah pergi sejak sebelum subuh untuk berdakwah.

Dakwah tersebut dilakukan dari masjid ke masjid hingga malam hari. Ismar pun menyebut, keseharian dari ketiga kliennya kurang lebih sama.

“Beliau itu betul-betul keseharian bangun pagi itu dakwah, sebelum subuh saja beliau sudah keluar rumah.”

“Diundang ke masjid mana-mana, pulang ke rumah itu malem, beliau sudah, keliling saja itu. Bertiga itu sama,” ungkap Ismar.

Mengenai keseharian Ustaz Ahmad Zain An-Najah, Ismar menyebut sosoknya sedang banyak menulis buku. Bahkan, buku-buku yang ditulisnya sudah banyak diterbitkan.

“Kalau Doktor Zain, itu belakangan ini memang banyak menulis buku, sangat produktif, itu bukunya ada puluhan yang dia tulis,” tambahnya.

Ismar pun meyakini ketiga kliennya tidak terlibat dalam jaringan teroris JI.

Menurutnya, keterlibatan tersebut dimungkinkan terkait yayasan yang kerap meminta ketiganya menjadi penasihat.

“Saya yakin banget guru-guru kami ini, mereka tidak paham apa itu JI, saya yakin 1000 persen.”

“Kalau masalah yayasan, mungkin karena beliau seorang ulama, seorang ustad terkadang kalau mereka bikin yayasan, lalu diminta ‘ustaz bisa engga jadi penasehat kami’, jadi beliau yang ditunjuk,” jelasnya.