Kuasa hukum Sebut 1000 Pengacara akan Bela Panji Gumilang

Eramuslim.com – Kuasa Hukum AR Panji Gumilang, Hendra Effendi menyebut, sebanyak 1.000 advokat akan lakukan aksi damai sebagai bentuk pembelaan terhadap Pimpinan Pondok Pesantren Al-Zaytun.  Lebih jauh, Hendra menyebut, dalam aksi damai tersebut, para advokat akan berikan pemahaman kepada masyarakat mengenai Al-Zaytun.

“Kita akan melakukan audiensi kepada kapolri kepada DPR Komisi 3 dan Presiden dengan kurang lebih kita akan bersama sama 1.000 advokat, kita akan menyampaikan kita akan menggelar aksi damai untuk menyampaikan tentang persoalan ini supaya bisa dimengerti oleh mereka yang mengerti paham dan oleh masyarakat semuanya,” kata Hendra kepada wartawan, Senin, 31 Juli 2023.

Selain itu, Hendra menuturkan, dalam aksi bela Panji Gumilang tersebut nantinya akan dihadiri dihadiri dari berbagai lintas agama.

“Jadi kami ke depan akan menggalang segenap kekuatan tentunya, kami berkoordinasi dengan para advokat kita akan menyampaikan suara-suara pembelaan terhadap al zaytun dengan bersama-bersama antara advokat lintas agama yang kita hari ini coba kita galang,” bebernya.

Meskipun begitu, Hendra engga beberkan secara merinci mengenai kapan dan dimana aksi tersebut akan berlangsung. “Nanti kita sampaikan tentang ini, ini info awal, nanti info detail,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Forum Advokat Pembela Pancasila (FAPP) telah melaporkan Panji Gumilang yang merupakan Pendiri Pondok Pesantren Al Zaytun ke Bareskrim Polri pada Jumat malam, 24 Juni 2023.  Dalam laporan tersebut, Panji Gumilang dilaporkan terkait kasus dugaan penistaan agama.

Laporan tersebut tercatat dengan Nomor: LP/B/163/VI/2023/SPKT/Bareskrim Polri tertanggal 23 Juni 2023 dan disangkakan dengan Pasal 156 A Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) tentang Penistaan Agama.

“Forum Advokat Pembela Pancasila datang ke Bareskrim Mabes Polri untuk melaporkan saudara Panji Gumilang, Pimpinan Pondok Pesantren Al-Zaytun,” kata Ketua Umum DPP FAPP, Ihsan Tanjung dikutip pada Sabtu, 24 Juni 2023.

Selain FAPP, Pendiri NII Crisis Center Ken Setiawan juga membuat laporan yang sama terhadap Panji Gumilang.  Dalam laporan tersebut, teregister dengan nomor LP/B/169/VI/2023/SPKT/BARESKRIM POLRI tertanggal 27 Juni 2023.

(Hidayatullah)

Beri Komentar