“Kok Nggak Malu Sih” Mobil Dinas Menag Yaqut Tuai Sorotan gegara Terobos Jalur Busway

eramuslim.com – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menjadi sorotan. Usai mobil dinasnya terekam kamera menerobos jalur busway.

“Kok nggak malu sih,” kata Pegiat Media Sosial Tatak Ujiyati dikutip fajar.co.id dari unggahannya di X, Kamis (25/7/2024).

Menurutnya, tindakan-tindakan tersebut awal dari kehancuran tatanan bernegara.

“Awal dari kehancuran tatanan negara ya seperti ini nih,” ucapnya.

Sebagai pejabat, alih-alih memberi contoh yang baik. Tatak menyebut Yaqut menunjukkan hal sebaliknya

“Pejabat melanggar aturan tuh sama saja dengan kasih contoh ke warga untuk juga ikut-ikutan melanggar aturan,” ujarnya.

Peristiwa itu sebelumnya terkuak usai beredar sebuah video di media sosial. Menunjukkan mobil plat merah RI 24.

Terlihat dalam video itu mobil dinas milik Yaqut dalam kondisi berhenti lantaran berada di posisi belakang bus Transjakarta yang juga sedang dalam kondisi berhenti.

Juru Bicara Kementerian Agama Anna Hasbie mengatakan bus Transjakarta yang berhenti dalam video tersebut sedang mengalami gangguan, sehingga personel Patwal yang mengawal perjalanan Yaqut memutuskan untuk melewati jalur lain.

“Perlu dijelaskan, dalam video tersebut bukan bus Transjakarta yang menghalangi jalan. Tetapi bus tersebut mengalami gangguan dan menginfokan pada Patwal soal gangguan tersebut sehingga Patwal memutuskan untuk lewat jalur lain,” kata Anna dalam keterangannya, Rabu (24/7).

Anna lantas menjelaskan tidak setiap hari mobil dinas milik Yaqut menggunakan jalur Transjakarta. Ia mengatakan personel Patwal yang mengawal selalu berkoordinasi dengan petugas jalan lain untuk perjalanan menteri.

Di sisi lain, Anna menjelaskan mobil dinas berpelat RI, mobil pemadam kebakaran dan ambulans sebetulnya diperbolehkan untuk masuk ke jalur bus Transjakarta.

 

(Sumber: Fajar)

Beri Komentar