Kloter Pertama Jamaah Haji Tahun 1427 H Berangkat Pekan Depan

Pemberangkatan kloter pertama jamaah haji tahun 1427 Hijriah/ 2006 Masehi secara serentak akan dilaksanakan pada hari Selasa (28/11) pekan depan, sedangkan kloter terakhir akan diberangkatkan pada tanggal 25 Desember 2006. Demikian pernyataan yang disampaikan oleh Menteri Agama M. Maftuh Basyuni disela-sela Raker dengan Panitia Ad Hoc III DPDRI, di Gedung DPR/DPDRI, Jakarta, Selasa (21/11).

"Pelepasan secara nasional akan dilakukan oleh Wakil Presiden M. Jusuf Kalla dan saya selaku Menteri Agama, di embarkasi Jakarta di Pondok Gede, untuk embarkasi lain pelepasan akan dilakukan oleh Gubernur masing-masing," katanya.

Menurutnya, untuk tahun 2006, pemerintah telah menambah dua embarkasi baru yakni Padang, Sumatera Barat dan Palembang, Sumatera Selatan, untuk kedua embarkasi baru ini pelepasan kloter pertama akan dilakukan oleh Menko Kesra Aburizal Bakri untuk embarkasi Padang, dan Menteri Perhubungan Hatta Rajasa untuk embarkasi Palembang.

Lebih lanjut Maftuh menjelaskan, total yang berangkat pada tahun 2006 ini berjumlah 469 kelompok terbang (kloter) yang diberangkatkan melalui 12 embarkasi, dengan jumlah jamaah haji sebanyak 190.106 orang. Dan mereka akan diterbangkan dengan menggunakan maskapai penerbangan Garuda Indonesia dan Saudi Arabia Airlines.

"Sebanyak 277 kloter atau 104.123 jamaah haji akan menggunakan pesawat Garuda Indonesia dengan 13 armada, 192 kloter atau 85.983 jamaah haji akan menggunakan Saudi ArabiaAirlines dengan 9 armada," ujarnya.

Mengenai kemungkinan penambahan kuota, aa menegaskan, pemerintah tidak akan menambah jumlah kuota calon haji tahun 2006, mengingat sampai saat ini pembenahan sistem penyelenggaraan haji belum tuntas dilakukan, selain itu pula memperhatikan kondisi di Arab Saudi terutama Arafah, Mina dan Muzdalifah yang sangat padat. "Pelaksanaan ibadah haji cukup sekali saja seumur hidup," tukas Menteri Agama. (novel)