Kloter Pertama Haji 1428H Berangkat 17 November

Kloter (kelompok terbang) pertama jamaah haii Indonesia 1428 Hijriah serentak akan diberangkatkan pada tanggal 17 November 2007 dari seluruh embarkasi
Indonesia.

”Insya Allah, kloter pertama haji Indonesia berangkat pada hari Sabtu, 17 November mendatang, semua persiapan sudah cukup maksimal, ” kata Sekjen Depag Bahrul Hayat, kepada wartawan usai pelantikan sejumlah pejabat Eselon I dan Eselon II di Departemen Agama, Jakarta, Selasa, (6/11).

Menurutnya, seluruh panitia penyelenggara ibadah haji di tingkat pusat sudah diminta untuk mempersiapkan pemberangkatan jamaah haji dari berbagai embarkasi didaerah pada H-7.

"Kita akan melakukan pengecekan, untuk pekan ini dan pekan depan secara serentak panitia daerah mempersiapkan keberangkatan kloter pertama, "jelasnya.

Bahrul menjelaskan, seluruh petugas haji di daerah telah siap bertugas mendukung Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Indonesia di Arab Saudi selama berlangsung musim haji tahun 2007. Seperti diketahui, aparatur PPIH di Arab Saudi telah ditetapkan Kepala Teknis Urusan Haji di Arab Saudi, Nur Samad Kamba, Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Jeddah, Chepy Supriatna, Kadaker Mekah Wardani
Muchsin, Kadaker Madinah, Ahmad Kartono.

Sementara itu, menanggapu hasil rekomendasi Rakernas MUI yang menghimbau agar penyetoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) disetorkan melalui Bank Syariah, Sekjen menyatakan, pihaknya secara bertahap akan mengupayakan perubahan hal itu, salah satunya dengan memasukan dalam revisi UU No. 17/1999 tentang penyelenggaraan ibadah haji.

"Bagi kita tidak ada masalah mengenai rekomendasi agar penyetoran BPIH itu melalui perbankan syariah, asalkan sudah sesuai dengan persyarata teknis yang dikeluarkan BI, kami akan menyesuaikannya pelayanan itu, "imbuhnya. (novel)