Kevakuman Mendagri Dianggap Ganggu Kinerja Pemerintah

Wakil Ketua DPR dari F-KB Muhaimin Iskandar mendukung rencana Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)mempercepat pergantian Mendagri M. Ma’ruf pada Agustus mendatang, karena keberadaan Mendagri definitif sangat diperlukan terkait dengan pembahasan RUU Paket Politik di DPR saat ini.

"Saya mendukung penuh kalau ada percepatan, karena sudah lama vakum, sekalipun ada mendagri ad-interim. Tidak baik kalau jabatan Mendagri terlalu lama kosong, karena bisa mengganggu kinerja pemerintah, " ujarnya.

Muhaimin yang juga Ketua Umum DPP PKB itu merasakan, sekalipun ada Mendagri ad-interim Widodo AS, namun kinerja pemerintah tetap dirasakan kurang optimal, terutama dalam menghadapi pembahasan RUU Paket Politik yang saat ini sudah dibahas di DPR.

Menurutnya, pembahasan RUU Paket Politik itu membutuhkan pembahasan mendalam, agar kelak tidak memunculkan persoalan baru. Jadi, di samping kehati-hatian DPR juga membutuhkan masukan dan pertimbangan serta kesepakatan dari pemerintah, yakni Mendagri.

"Karena itu, makin cepat pergantian Mendagri tersebut semakin baik, supaya ada kepastian. Karena itu rencana percepatan pergantian seperti yang diungkapkan Wapres Jusuf Kalla itu hendaknya segera terealisasi, ” papar Muhaimin.

Muhaimin mengaku belum tahu siapa pengganti M. Ma’ruf. Namun demikian dia menginginkan orang yang profesional dan orang yang tegas mengambil keputusan karena posisi Mendagri itu sangat strategis, menyangkut politik dalam negeri. “Kita berharap demikian, sekalipun itu merupakan hak prerogatif presiden, ” imbuhnya. (dina)