Ketum PP Muhammadiyah: Bush Penyebab Ketegangan di Dunia

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin menegaskan, bahwa Presiden Amerika Serikat George W. Bush merupakan faktor yang mendorong munculnya berbagai ketegangan, bahkan konfik di berbagai belahan dunia khususnya Timur Tengah.

"Gaya dan pendekatan kepemimpinan Presiden AS itu juga telah mendorong munculnya radikalisme dan radikalisasi di Dunia Islam, dan pada tingkat tertentu mendorong ketengangan Dunia Islam dan Barat, "ujarnya dalam pidatonya yang bertema "Peran Pemimpin Agama dalam Mempromosikan Keamanan Bersama" pada Forum Perdana The Alliance of Civilizations, di Madrid, Selasa lalu.

Menurutnya, konflik antara dunia Islam dan Barat hanya akan merugikan kedua pihak dan dunia luas, maka perlu segera dihentikan. Hal tersebut hanya dapat dilakukan dengan sikap saling memahami dan menghargai, serta adanya kepemimpinan kenegarawanan dengan wawasan perdamaian dunia.

Lebih lanjut Din mengatakan, keamanan bersama bukan semata-mata keamanan nasional suatu negara, dengan mengabaikan keamanan negara lain, serta bukan hanya milik Negara Adikuasa.

"Manifestasi keamanan nasional sepihak ini sering mengedepankan kekerasan dan menciptakan ketakamanan, seperti yang terjadi dewasa ini, "imbuhnya.

Forum Perdana The Alliance of Civilizationsini dihadiri 800-an peserta, terdiri dari kepala negara dan pemerintahan, pemuka agama, pakar, pengusaha dan insan pers dari berbagai negara dunia. Forum dibuka PM Spanyol bersama PM Turki dan Sekjen PBB, berlangsung selam dua hari yakni 15-16 Januari. Dari Indonesia hadir Mantan Menteri Luar Negeri Ali Alatas dan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin. (novel)