Kementerian Koperasi dan UKM Salurkan 100 Juta Bantuan Modal untuk Usaha Syariah

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah melalui Koperasi Jasa Keuangan Syariah akan memberikan bantuan modal kerja sebesar 100 juta rupiah kepada koperasi untuk mengembangkan usaha mikro berbasis syariah di tingkat kabupaten.

Hal tersebut disampaikan oleh Assisten Deputi Urusan Pengembangan Pengedalian Simpan Pinjam Kementerian Koperasi dan UKM Dra. Darukiah, MM, saat membuka Talk Show bertema "Kiat Sukses Berisnis Syariah" dan Acara Penganugerahan eramuslim Award, di Auditorium Binakarna, Hotel Bumikarsa, Bidakara, Jakarta, Sabtu (9/9).

“Penyaluran dana tidak langsung melalui koperasi jasa keuangan syariah sebesar 100 juta rupiah per koperasi akan diberikan kepada anggota maksimal 4 juta rupiah untuk pengembangan usaha mikro,” ujarnya.

Menurutnya, dalam program pembiayaan koperasi usaha mikro tahun 2006 berbeda dengan tahun sebelumnya, di mana untuk saat ini bantuan modal akan disalurkan melalui 1.800 lembaga keuangan baik syariah maupun konvensional yang bekerjasama dengan bank pelaksana untuk dibagikan kepada usaha mikro yang membutuhkan.

Lebih lanjut Darukiah menegaskan, selain untuk menyalurkan modal kerja kepada anggota koperasi, lembaga keuangan syariah yang ditunjuk juga akan bertugas melakukan pembinaan, yakni dengan membatu pengelolaan bisnis syariah serta mengawasi kesehatan usaha dengan menggunakan pedoman pelaksanaan koperasi berbasis syariah yang telah disusun.

“Sistem syariah agak jauh berbeda, sehingga beberap koperasi banyak yang merasa kesulitan, karena itu lembaga keuangan syariah akan membantu membina pengelolaannya," tandasnya.

Ia menambahkan, tahun 2006 program pembiayaan koperasi usaha mikro ini akan dikhususkan untuk penguatan kaum wanita, sebab sebagaimana banyak terjadi, usaha mikro yang ditangani oleh Ibu Rumah Tangga sering kali sulit berkembang karena kesulitan untuk memperoleh modal. Dengan program tersebut diharapkan keluhan itu bisa diperkecil dan kaum ibu dapat memanfaatkan sebaik-baiknya.(novel)