Kebangetan, Patung Tuhannya pun Dipalsukan Dua Warga Cina Ini

pemalsuEramuslim.com – Cina dikenal sebagai gudangnya barang-barang KW alias palsu. Kalau mendengar ada tas perempuan merk-merk ternama dunia tapi bisa diperoleh dengan harga miring, bisa jadi itu buatan Cina, entah KW kw berapa. Begitu pula dengan barang-barang lainnya. Dan jika ada istilah Kabinet KW atau Menteri KW, maka diduga kuat Kabinet atau Menteri-Menteri itu bekerja demi kepentingan orang Cina.

Dan kali ini benar-benar kebangetan. Jangankan barang-barang duniawi atau pun orang, kali ini dua warganegara RRC ditangkap gara-gara memalsukan patung Sang Budha, tuhannya mereka.

Pekan lalu, Unit Resmob Sat Reskrim Polrestabes Surabaya, Jumat (30/10/2015), membekuk dua warga negara China yang melakukan penipuan menjual emas batangan dan patung Budha. Kedua tersangka yakni Chang ing Seng (35) dan Cong Yi Hua (32) asal Kwang Shi, China, ditangkap disebuah apartemen Puncak Permai Jl Raya Darmo Permai.

Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya AKBP Takdir Mattanete mengatakan, keduanya yang mengaku sebagai pemburu benda kuno, sengaja mencari korban warga keturunan China yang sudah tua. Menurutnya, modus kedua tersangka penipuan ini awalnya mengajak korban mengobrol, kemudian mengeluarkan uang logam kuno serta batangan emas dan patung Budha beserta kertas.

“Barang tersebut diakui didapat saat mereka menggali tanah dan ditemukan beserta kain bertulisan huruf China yang diakui sebagai kain wasiat dari Dinasty Ming,” terang AKBP Takdir Mattanete.

Untuk meyakinkan korban bahwa emas itu asli, pelaku menggergaji batangan tersebut namun diam-diam menukar serbuk bekas gergajian dengan emas asli. “Sebelum menggergaji pelaku sudah menyiapkan serbuk emas terlebih dahulu untuk melancarkan aksi penipuannya,” sambung AKBP Takdir Mattanete.

Dalam pemeriksaan petugas Polrestabes Surabaya, kedua pelaku penipuan ini telah lama bergerilya di mall dan mencari mangsa warga keturunan serta berhasil meraup keuntungan hingga ratusan juta rupiah.(ts/lensaindonesia)