Kampanyekan Pemanasan Global, Pria Prancis Naik Haji Pakai Sepeda

Eramuslim.com – Seorang warga Prancis bernama Nabil Ennasri berhasil sampai di Arab Saudi setelah menempuh 5.000 kilometer perjalanan menggunakan sepeda. Aksi tersebut dilakukannya untuk melaksanakan ibadah haji dan untuk meningkatkan kesadaran tentang pemanasan global di kalangan komunitas Muslim.

Memulai perjalanannya dari Paris pada 22 April, Ennasri melintasi 11 negara termasuk Italia, Bosnia dan Herzegovina, Albania, Yordania, dan Turkiye, berbagi perjalanan uniknya dengan khalayak global melalui platform media sosial, menurut sebuah laporan oleh Arab News.

Dikenal karena karyanya yang luas dalam menganalisis urusan Prancis dan mengadvokasi isu-isu sosial, Ennasri juga ingin menghidupkan kembali tradisi ziarah masa lalu yang dialami umat Islam melalui upaya ini.

Setelah mencapai Masjid Nabawi di Madinah, dia merilis video yang menyentuh hati, menyoroti perbedaan antara perjalanannya dan penerbangan tujuh jam konvensional yang dilakukan oleh banyak jamaah modern.

Federasi Bersepeda Saudi memberikan sambutan hangat kepada Ennasri selama kunjungan singkatnya di Jeddah, di mana dia juga terlibat dengan pengendara sepeda klub lokal. Saat ia maju ke Mekkah, peziarah memperagakan kembali perjalanan lambat umat Islam dari masa lalu, membangkitkan riwayat keluarga pribadi dari kerabat yang telah melakukan perjalanan serupa dengan berjalan kaki.

Tujuan utama ekspedisi unik ini, seperti yang dijelaskan Ennasri, ada dua: menyoroti masalah kritis pemanasan global untuk generasi mendatang dan mendapatkan pemahaman tentang tantangan yang dihadapi para jamaah haji dan umroh di zaman kuno. Dia menekankan bahwa tujuan melindungi planet kita harus menyatukan umat manusia, terlepas dari perbedaan agama atau filosofi.

Upaya Ennasri memuncak dengan harapan bahwa perjalanannya akan menjadi pendorong bagi umat Islam lainnya dan anggota masyarakat untuk mengevaluasi kembali kebiasaan perjalanan mereka dan mengambil tindakan yang berarti untuk memitigasi perubahan iklim.

(Hidayatullah)

Beri Komentar