Kaesang Tak Jawab Pertanyaan Wartawan soal Jet Pribadi, Langsung Izin Pamit

eramuslim.com – Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep tidak mau menjawab saat ditanya penggunaan jet pribadi. Kaesang hanya pamit pergi pulang usai rapat di Kantor DPP PSI.

“Aku izin balik dulu ya, makasih semua, sehat-sehat ya,” kata Kaesang di Kantor DPP PSI, Jakarta Pusat, Rabu (4/9/2024).

Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut langsung masuk ke dalan mobil dengan pelat nomor B 1566 ZZH. Kaesang juga tidak membuka kaca mobil saat meninggalkan kantor DPP PSI.

Di lokasi yang sama, anggota Dwan Pembina PSI, Isyana Bagoes Oka menyebut, kedatangan Kaesang hanya sekedar melaksanakan rapat rutin.

“Macam-macamlah koordinasi. Rapat rutin kok, rapat rutin,” ujar Isyana.

Sebelumnya, Ketua KPK Nawawi Pomolango menegaskan memiliki kewenangan untuk mengklarifikasi Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep terkait penggunaan jet pribadi. Status Kaesang sebagai putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) merupakan dasar hukum KPK bisa bertindak.

“Kita harus melihat Kaesang kaitannya dengan penyelenggaraan negara gitu, ada keluarganya,” kata Nawawi saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (3/9/2024).

Apalagi, ada instrumen hukum seperti trading influence atau perdagangan pengaruh. Dengan begitu, KPK bisa menemukan jawaban ada tidaknya kemudahan yang didapat Kaesang dengan sanak-keluarganya yang menduduki jabatan publik.

“Kita mengenal ada instrumen-instrumen hukum seperti trading influence, perdagangan pengaruh. Apakah memang kemudahan-kemudahan yang diperoleh oleh yang bersangkutan itu tidak terkait dengan jabatan yang barangkali disandang oleh sanak kerabatnya,” tutur Nawawi.

 

(Sumber: iNews)

Beri Komentar