Jokowi: Rizal Ramli Ekonom Cerdas dan Kritis Karena Cintanya Kepada Bangsa

eramuslim.com – Bangsa Indonesia tengah berduka atas berpulangnya ekonom senior Rizal Ramli, tak terkecuali Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Bahkan Jokowi mengunggah foto Rizal Ramli semasa hidup di akun Instagram pribadinya. Ia mengunggah foto Rizal Ramli ketika tengah berpidato di podium.

Dalam unggahannya itu, Jokowi menyampaikan ucapan duka cita atas wafatnya Rizal Ramli.

“Turut berdukacita atas berpulangnya ke Rahmatullah, Bapak Rizal Ramli, mantan Menko Kemaritiman, kemarin di Jakarta,” kata Jokowi melalui akun Instagramnya @jokowi dikutip Suara.com, Rabu (3/1/2024).

Masih pada unggahan yang sama, Jokowi mengenang sosok Rizal Ramli sebagai ekonom cerdas.

Selain itu, ia juga mengenang Rizal Ramli sebagai sosok aktivis yang kritis.

“Saya mengenal almarhum Rizal Ramli sebagai seorang ekonom yang cerdas dan aktivis yang kritis karena kecintaan terhadap bangsanya,” ungkapnya.

Kepala Negara lantas mendoakan yang terbaik untuk mendiang Rizal Ramli.

Tak lupa, ia juga mendoakan untuk keluarga yang ditinggalkan agar diberikan kesabaran.

“Semoga arwah almarhum mendapatkan tempat nan lapang di sisi Allah SWT dan segenap keluarga serta kerabat yang ditinggalkan kiranya diberi kesabaran,” doanya.

Belum diketahui pasti apakah Jokowi akan bertakziyah ke rumah duka di Jalan Bangka, Jakarta Selatan. Sejauh ini, Jokowi diketahui masih melakukan kunjungan kerjanya di luar kota.

Meski begitu, karangan bunga duka cita dari Jokowi sudah tampak dijejerkan di depan rumah duka.

Rizal Ramli Tutup Usia

Rizal Ramli meninggal dunia pada Selasa (2/1/2024) malam pukul 19.30 WIB di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta.

Sementara itu untuk waktu pemakaman, direncanakan jenazah akan dikebumikan pada Kamis (4/1) bada zuhur di TPU Jeruk Purut, Jakarta Selatan.

Rizal Ramli yang sekaligus mantan Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan dan Industri itu wafat di usianya yang ke-69.

Sejumlah tokoh politik, kolega serta sahabat banyak yang merasa kehilangan serta mengucapkan duka cita dan doa untuk mendiang.

Semasa hidupnya, Rizal Ramli dikenal sebagai tokoh yang aktif mengkritik kebijakan pemerintah yang dinilainya melenceng dari kepentingan masyarakat banyak.

Terutama di era kepemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), sosok Rizal Ramli banyak melontarkan kritik, tak hanya bidang ekonomi yang memang menjadi keahliannya, termasuk juga kebijakan politik.

Salah satu kritik terakhir yang disampaikan Rizal Ramli yakni terkait politik dinasti. Kritik itu ia sampaikan pada 8 November 2023 di akun X (dulu Twitter) pribadinya.

 

(Sumber: Suara)

Beri Komentar