Jokowi Ingin HUT RI Ke-79 Digelar di IKN, Menteri PUPR Pejabat Pertama yang Pindah

eramuslim.com – Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dikebut. Jika jadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang paling pertama tinggal.

Secara khusus, Presiden Joko Widodo kembali memantau progres pembangunan IKN, Kamis, 23 Februari.

Setelah melihat progres pembangunan, dia yakin upacara HUT Republik Indonesia pada 2024 atau yang ke-79 tahun bisa dilaksanakan di IKN.

Jokowi bersama rombongan melihat kawasan rumah menteri, Persemaian Muntawir, hunian pekerja, hingga calon Istana Kepresidenan yang baru. Sehari sebelumnya, Jokowi sempat meninjau proyek jalan tol IKN.

“Saya hanya ingin menyampaikan sebuah optimisme bahwa Ibu Kota Nusantara ini telah dimulai pembangunannya. Baik itu infrastruktur, kantor, dan ini rumah menterinya,” ujar Jokowi.

Proyek pembangunan IKN bukanlah proyek jangka pendek. Pembangunannya sekitar 15 tahun. Itu seperti pembangunan kota di berbagai negara.

“Jadi kalau ada yang masih ragu-ragu, di lapangannya sudah bergerak,” imbuhnya.

Salah satu infrastruktur yang telah dimulai pembangunannya adalah perumahan untuk para menteri. Ada 36 rumah yang disiapkan. Ada maket rumah menteri dipajang. Ada dua lantai. Sebanyak 36 rumah tersebut berada di satu kawasan yang dilengkapi fasilitas publik. Mirip dengan klaster perumahan pada umumnya.

Jokowi menyebut, tahap ini baru 14 persen. Tak jauh dari kawasan rumah menteri, ada kawasan menteri koordinator. Rumah menteri tersebut harus selesai pada Juni 2024 mendatang.

“Karena memang kita ada target 17 Agustus 2024 ada upacara bendera di Ibu Kota Nusantara,” ucap mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Setelah selesai, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang akan pertama pindah. Tentu dengan perangkan kementeriannya.

Saat Jokowi menyatakan Basuki yang akan pindah pertama, orang nomor 1 di Kementerian PUPR itu hanya tersenyum.

“Menteri PU tadi menyampaikan kepada saya, nanti Kementerian PUPR yang paling duluan (pindah),” bebernya.

Setelah dari kawasan rumah menteri, Jokowi dan rombongan bergerak ke daerah menara pandang. Di sana dia melihat kawasan Isatana Kepresidenan.
“Kalo melihat lanskap dan lainnya, tadi saya sudah bicara dengan perancangnya, serta pelaksana , supervitor, dan manajer di lapangan, optimis, insyaallah selesai,” ujarnya. [Fajar]