JIS Belum Pasti Direnovasi, Menteri PUPR Basuki: Masih Menunggu FIFA

eramuslim.com – FIFA sudah melakukan inspeksi ke Jakarta International Stadium atau JIS untuk kesiapan menjadi venue Piala Dunia U-17. Namun, pemerintah ternyata belum bisa memastikan akan merenovasi JIS.

Pemerintah berdalih masih menunggu keputusan FIFA untuk memasukkan JIS sebagai salah satu venue pertandingan Piala Dunia FIFA U-17 2023. Bila FIFA tidak menunjuk JIS sebagai salah satu venue, maka renovasi tidak akan dilakukan. Pemerintah mengaku punya alasan.

Belum adanya kepastian renovasi JIS yang dibangun di era pemerintahan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan itu, disampaikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu (5/8/2023).

Basuki mengaku masih menunggu surat resmi dari FIFA terkait stadion yang akan menjadi venue Piala Dunia u-17.

Menteri PUPR mengungkap pertimbangan tidak akan merenovasi JIS jika tidak jadi ditunjuk sebagai salah satu venue pertandingan. Alasan Menteri Basuki, JIS tidak masuk dalam daftar 22 stadion yang akan direnovasi pemerintah, terlepas dari agenda Piala Dunia U-17.

Kendati demikian, Basuki mengaku pihaknya sudah siap dan telah membuat daftar apa saja yang akan direnovasi jika FIFA memasukkan JIS sebagai venue Piala Dunia U-17.

“Jadi masih menunggu FIFA,” kata Basuki.

Rencananya, keputusan dan pembagian tanggung jawab jika JIS jadi direnovasi, akan ditentukan pada Rabu nanti.

Salah satu bagian yang sudah direncanakan akan direnovasi oleh Kementerian PUPR adalah akses jalan ke JIS. Kementerian PUPR sudah merencanakan pembangunan jembatan penyeberangan orang (JPO) untuk memudahkan akses pengunjung atau penonton.

JPO tersebut akan menghubungkan JIS dengan kawasan Ancol yang direncanakan menjadi area parkir.

“Tugas saya membuat jembatan itu. JIS jadi atau tidak menjadi venue Piala Dunia U-17, kami tetap bikin,” beber Basuki.

Basuki mengungkapkan, desain jembatan sudah rampung dan akan dikerjakan melalui skema penunjukkan langsung agar cepat selesai.

JPO didesain memiliki panjang 400 meter dan lebar 5 meter sehingga bisa menjadi alternatif dari dan menuju JIS.

Saat Konser Dewa digelar di JIS beberapa waktu lalu, penonton parkir kendaraan di kawasan Ancol. Hanya saja, masyarakat mengeluh harus berputar jauh untuk sampai di JIS.

 

(Sumber: Fajar)

Beri Komentar