Jelang Mogok Nasional 24-27 November, Ribuan Buruh Bandung Long March ke Jakarta

demo-buruh-di-depan-gedung-sate_20141220_035524Eramuslim.com – Ribuan buruh yang tergabung dalam Komite Aksi Upah Gerakan Buruh Indonesia (KAU-GBI) akan melakukan long march jalan kaki Bandung-Jakarta, dengan start dari  Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat, Bandung, Senin (16/11).

Salah satu Presidium KAU-GBI, Said Iqbal mengatakan long marchdengan jalan kaki itu dilakukan jelang aksi Mogok Nasional pada 24 hingga 27 November nanti. Selain itu, long march sepanjang 155 km ini dilakukan sebagai bentuk penolakan atas diterbitkannya Peraturan Pemerintah (PP) tentang Pengupahan.

“Kami juga menolak formula kenaikan upah minimum yang hanya berdasarkan Inflasi+PDB, dan menuntut untuk dinaikannya upah minimum 2016 berkisar Rp 500 ribuan,” tegas Said Iqbal dalam keterangan persnya di Jakarta, Minggu (15/11.

Diungkapkannya, di sepanjang rute yang akan dilalui oleh buruh nanti akan dilakukan penggalangan tanda tangan petisi satu juta buruh dan rakyat melawan upah murah untuk kemudian diberikan kepada Presiden Jokowi.

“KAU-GBI juga mengundang kawan-kawan wartawan untuk meliput konferensi pers acara ini pada 16 November pukul 11.00 Wib di Monumen Perjuangan di Bandung,” tukas Said Iqbal yang juga Presiden KSPI ini.(ts/RMOL)