Jelang keberangkatan, Jamaah Haji Jalani Pemeriksaan Kesehatan Rutin

Kondisi yang prima dalam pelaksanaan ibadah haji sangat diperlukan, agar jamaah haji dapat menjalankan ibadah secara sempuran baik yang bersifat wajib maupun sunah. Karenanya pemeriksaan kesehatan pada saat masuk ke asrama wajib dijalani oleh para jamaah haji.

Berdasarkan pemantauan eramuslim di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta Timur, ratusan jamaah haji yang masuk ke asrama langsung di tempatkan oleh petugas disebuah aula, kemuadian dipanggil secara bergantian untuk menjalani pemeriksaan buku kesehatan dan diberikan buku panduan haji sehat. Jika menurut catatan mereka tidak ada hal yang mencurigakan atau kesehatanya baik, maka jamaah haji langsung menjalani pemeriksaan sidik jari, dan kemudian diantar menuju ke kamar tempat menginap sementara. Sebelum diberangkatkan keesokan harinya.

Persiapan menuju ke tanah suci tidak lantas berhenti setelah itu, menurut Petugas Posko Haji Embarkasi Jakarta Pondok Gede Noer Sumaidi, setelah menjalankan ibadah sholat Magrib, para jamaah haji yang akan diberangkatkan esok harinya diberikan ceramah kesehatan dari tim kesehatan haji Indonesia.

"Mereka yang baru masuk ini setelah menjalani pemeriksaan kelengkapan, habis Magrib akan sambil berkumpul di Masjid Al-Mabrur Asrama Haji, diberi ceramah kesehatan," ujarnya saat di temui, di Posko Haji Pondok Gede, Jakarta, Rabu (6/12).

Menurutnya, sampai saat ini jamaah haji yang sudah diberangkatkan dari embarkasi Jakarta Pondok Gede berjumlah 6.790 orang dan 51 orang petugas, sedangkan yang membatalkan diri sebanyak 43 orang.

"Dari keseluruhan kloter yang membatalkan diri dengan alasan karena sakit maupun hamil berjumlah 43 orang," tandasnya.

Untuk hari ini tiga kloter masuk ke asrama haji Pondok Gede, yaitu kloter 18,19, dan 20, dan akan diberangkatkan besok, Kamis (7/12).

Sumaidi menjelaskan, ketiganya akan diberangkatkan secara bertahap, kloter 18 berasal dari DKI Jakarta akan berangkat ke tanah suci pada pukul 08.00 wib, dengan menggunakan pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GIA 7106, sedangkan kloter 19 dan 20 jamaah haji asal Banten akan diberangkatkan pada pukul 13.00 wib dan 19.00 wib.

"Setiap kloter yang berjumlah 452 jamaah, akan didampingi oleh tiga petugas yang terdiri dari satu dokter, satu paramedis, dan satu petugas pembimbing ibadah haji (PPIH),"imbuhnya. (novel)