Jawab Kritikan, Perancang Istana Garuda IKN: Kalau Baru Bisa Bikin Ruko Gak Usah Omong!

eramuslim.com – Perancang Istana Garuda Ibu Kota Negara (IKN), Nyoman Nuarta angkat bicara terkait kritikan dari warga net yang menganggap desain Istana IKN bernuansa mistis dan mirip kelelawar.

Nyoman mengungkapkan bahwa kesan mistis terhadap Istana Garuda adalah hal yang terbuka untuk interpretasi masing-masing individu, yang dipengaruhi oleh pengalaman pribadi mereka.

Ia menekankan bahwa kritik yang diberikan harus bersifat konstruktif dan tidak dikaitkan dengan isu agama.

“Nanti yang ngomong-ngomong saya mau tanya, dia sudah pernah berbuat apa? Kalau bikin ruko aja, nggak usah ngomonglah. (Tapi) bikin sesuatu yang pantas dilihat secara nasional maupun internasional,” kata Nyoman dikutip dari Antara, Minggu 11 Agustus 2024.

Nyoman juga menjelaskan maksud Istana Garuda yang nampak memeluk. Dia bilang, itu menggambarkan makna bahwa Burung Garuda sebagai Lambang Negara sedang melindungi bangsa Indonesia.

“Kalau Garuda ngedongak, sombong dong. Terserah lah itu image orang. Saya buat sayapnya itu memeluk seperti melindungi,” kata Nyoman.

Nyoman menjelaskan bahwa pembangunan Istana Garuda itu libatkan 44 ahli. Terdiri dari profesor, doktor, ahli tanah, dan berbagai spesialis lainnya yang berkontribusi dalam memastikan bahwa desain istana tidak hanya indah, tetapi juga aman dan fungsional.

Nyoman menjelaskan bahwa pilihan warna gelap pada Istana Garuda bukan tanpa alasan. Ia menghindari warna-warna mencolok seperti emas yang biasa digunakan pada bangunan mewah.

“Banyak orang terbiasa melihat warna-warna menyala seperti emas, tapi saya tidak ingin menggunakan warna seperti itu untuk Istana Garuda,” kata Nyoman dilansir dari Antara, Minggu 11 Agustus 2024.

Dia mengungkapkan dirinya memilih representasi Garuda sebagai bentuk bangunan agar tidak ada kecemburuan dari berbagai daerah di Indonesia. Pasalnya Indonesia memiliki kurang lebih 1.300 suku.

Ia menambahkan bahwa rangka dalam Istana Garuda dibuat dengan sangat teliti dan cantik, menggunakan baja yang dibeli dari Krakatau Steel. Seluruh rangka dibuat khusus, bukan produk yang dibeli di pasaran.

“Rangka di dalam istana dibuat sendiri, tidak dibeli di toko. Kami menggunakan baja dari Krakatau Steel, dan semuanya dibuat secara khusus,” ujarnya pula.

Dia mengandalkan ahli yang menggunakan perangkat lunak canggih seperti smart geometrik untuk melakukan riset dan pengujian.

“Betul ide dari saya, tapi pembuktiannya saya kan nggak sanggup, saya bukan ahlinya. Misalnya panas ruangannya, termal ruangan itu berapa? Kalau ditanya begitu saya nggak bisa jawab, yang ngejawab ahli saya,” ujarnya pula.

(Sumber: fin)

Beri Komentar

1 komentar

  1. Kalo gak mau diberi masukan, ya udah kasih yg bisa. Masih byk seniman yg mampu di negeri ini. Bila perlu pake dr seniman luar. Nama istanax aja Istana Garuda hrs mirip garuda dong. Kalo gak dijelasin gaada yg tau kalo itu garuda. Coba test aja.