Jamaah Shalat Idul Adha Membeludak di Masjid Agung Al-Azhar Jakarta Sabtu Pagi

Ribuan umat Islam Jakarta membanjiri Masjid Agung Al-Azhar Kebayoran Baru Jakarta Selatan pagi ini, Sabtu tanggal 30 Desember 2006 untuk melaksanakan shalat Idul Adha 1427 Hijriyah. Jamaah shalat meluap dari halaman masjid Agung hingga ke jalan-jalan di sekitarnya, bahkan sampai ke jembatan penyeberangan busway yang berada tepat di depan masjid.

Meski sempat diguyur hujan lebat di awal shalat, namun ribuan jamaah tidak beranjak sedikit pun dari tempatnya. Bahkan dari podium utama tempat imam dan khatib, sempat terdengar gemuruh takbir memberi semangat kepada jamaah untuk tidak bubar karena air hujan.

Di tengah shalat, hujan mereda dan jamaah bisa tetap mendengarkan khutbah dengan khusyu’ lantaran hujan benar-benar berhenti setelah itu. Nampak hadir di shaf terdepat, Menteri Negara Pemuda dan Olah Raga, Adhyaksa Dault, yang ikut berhujan-hujan sesaat sebelum pelaksanaan shalat.

Shalat Idul Adha di masjid Al-Azhar ini diimami oleh Drs. H. M. Bukhary Muslim, yang membaca surat Al-Baqarah ayat 152-158 di rakaat pertama dan surat Al-Baqarah ayat 286 di rakat kedua. Sedangkan yang bertindak sebagai khatib adalah pimpinan Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Al-Azhar, KH. Mahfuz Makmum.

Shalat Iedul Adha ini dilangsungkan berbeda dari keputusan Pemerintah RI yang menetapkan jatuhnya tanggal 10 Dzulhijjah pada hari Ahad tanggal 31 Desember 2007. Namun justru sesuai dengan ketetapan Pemerintah Saudi Arabia yang menetapkan tanggal 10 Dzulhijjah jatuh pada hari Sabtu 30 Desember 2006.

Pemerintah Suadi Arabia telah menetapkan bahwa wuquf di Arafah jatuh pada hari Jumat 29 Desember 2006, sehingga shalat Idul Adha otomatis dilakukan pada hari ini. (ust)