Jalan Sehat, Ajang Sosialisasi Fatwa MUI

Belum efektifnya proses sosialisasi fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) dikalangan masyarakat mendorong Forum Umat Islam yang didukung oleh MUI mencoba terobosan baru, untuk melakukan sosialisasi fatwa yang perlu diketahui oleh masyarakat. Salah satunya dengan mengadakan kegiatan Jalan Sehat Jakarta 2007.

Kegiatan yang bertema "Penuh Berkah dan Rahmat" ini rencananya akan dilaksanakan pada 9 September 2007, bertepatan dengan momentum menyambut bulan Suci Ramadhan 1428 Hijriah.

"Sosialisai fatwa MUI selama ini sudah dilakukan lewat perpustakaan dan website, tetapi belum tentu semua orang membacanya, kita juga ingin lebih menanamkan nilai-nilai luhur yang bersumber dari syariah Islam, " ujar Sekjen FUI Muhammad Al-Khaththath dalam jumpa pers, di Hotel Grand Mahakam, Jakarta, Rabu (13/6) malam.

Menurutnya, selama ini masyarakat mengenal FUI dalam berbagai kegiatan demonstrasi, karenanya memasuki bulan Ramadhan FUI mengajak warga Jakarta untuk menyambutnya kegiatan rekreasi yang sehat dan murah ini.

Di tempat yang sama, Ketua FUI Mashadi mengatakan, meskipun kegiatan ini masih relatif lama, namun diharapkan umat Islam Jakarta yang dapat berpartisipasi dalam kegiatan yang bertujuan untuk mempererat silaturahmi seluruh lapisan masyarakat, serta menumbuhkan kebersamaan di dalam keluarga.

"InsyaAllah kegiatan ini betul-betul menciptakan keberkahan dan mendapat rahmat ketika memasuki momentum Ramadhan, " imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Rifda Ammarina menjelaskan, jalan sehat yang mengambil rute start dan finish di Silang Monas ini bukan kegiatan lomba, namun semua peserta mulai dari anak-anak hingga orang dewasa diberikan kesempatan untuk memenangkan door-prize yang diundi dari tiket pendaftaran.

"Ada biaya pendaftaran sebesar 10 ribu, ini untuk seragam dan door-prizenya, dan setelah melakukan jalan sehat peserta akan disuguhkan dengan hiburan musik religius, dan dimanjakan dengan berbagai stand wisata kuliner, " ungkapnya.(novel)