Jalan BKT, Destinasi Wisata Gratis Warga Jakarta Timur Yang Makin Indah

Eramuslim.com – Ada destinasi wisata, termasuk wisata kuliner jika sore hari, dan olahraga yang indah, aman, dan murah meriah bagi warga Jakarta Timur dan sekitarnya. Tempatnya ada di jalan sepanjang jalur BKT (Banjir Kanal Timur) yang membentang sejajar dengan kanal. Sebelum pandemi, nyaris tiap malam tempat ini ramai oleh warga dan menjadi pasar rakyat terpanjang di dunia. Namun ketika pandemi menghantam dunia, termasuk Indonesia, jalan di sepanjang BKT ini ditutup dan menjadi sepi.

Jalan di sepanjang BKT memang tertutup bagi kendaraan bermotor. Hanya pejalan kaki dan pesepeda yang boleh melaluinya. Ada empat jalur disini, dua jalur ke arah timur dan dua jalur ke barat. Jalur paling pinggir diperuntukan bagi pejalan kaki, dan jalur bagian tengah untuk pesepeda.

Seiring menurunnya level PPKM di Jakarta, jalur ini kembali menggeliat. Jika pagi dan sore sering dipakai warga sekitar untuk berolahraga jogging dan jalan kaki. Bahkan sore hari selalu saja ada keramaian pedagang yang menjadi spot wisata kuliner, tepatnya di utara komplek perumahan Cipinang Indah. Walau tidak seramai sebelum pandemi, namun sudah tampak tanda-tanda keramaian kembali.

Saat ini jalur ini tampak semakin indah dan teduh. Berbagai jenis tanaman beraneka warna, merah, kuning, dan hijau, tumbuh dengan terawat dan menghiasi area publik Jakarta ini. Banyak warganet yang mengaku jika berjalan di jalur ini serasa berada bukan di Jakarta, karena teduh dan asri.

Faktor keamanannya juga terjaga, karena selain setiap waktu ada petugas dari pemeliharaan tanaman Pemprov DKI, juga satpol PP secara rutin mondar-mandir di sini. Namun tetap saja kita semua harus hati-hati, karena kejahatan biasanya timbul ketika ada kesempatan dan kelengahan.

Indahnya jalur BKT Jakarta Timur bisa disimak di dalam video berikut: