Iwan Sumule: Sudah Cukup Alasan Untuk Mengimpeach Jokowi-JK

jokowi kharismaEramuslim.com – Banyak kalangan menginginkan DPR mengimpeach Wapres JK karena dianggap telah  melanggar konstitusi, namun Ketua DPP Partai Gerindra Iwan Sumule yang juga aktivis 98 mengaku tak setuju desakan sebagian kalangan bahwa yang harus diimpeach hanya JK. Menurutnya, Jokowi juga harus diimpeach dan sekarang semuanya sudah cukup untuk bisa melakukan itu.

“Jokowi dan JK sudah melanggar konstitusi, jadi dua-cuanya harus diimpeach,” ujar dia saat berincang dengan redaksi, Minggu (6/9).

JK patut diduga telah melindungi kejahatan korporasi, korupsi dan gratifikasi terkait kasus Pelindo. Jika tuduhan ini terbukti, kata Iwan Sumule, maka JK telah melakukan pengkianatan terhadap TAP MPR Nomor XI/MPR/1998 Tahun 1998 dan Undang Undang Nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Korupsi.

Adapun Jokowi antara lain telah melanggar UU Migas dan UU Kepolisian. Menurut Iwan Sumule, Jokowi telah melanggar kedua UU tersebut karena menyerahkan penentuan harga BBM ke mekanisme pasar, dan memerintahkan kepolisian untuk tidak menahan Abraham Samad dan Bambang Widjojanto yang berstatus tersangka.

“Ada banyak pelanggaran konstitusi lainnya yang dilakukan Jokowi. Tapi pada prinsipnya kita jangan terjebak dalam persoalan kubu-kubuan antara JK dengan Jokowi. Kalau dua-duanya melanggar kosntitusi harus dimakzulkan. Kita tidak peduli dengan faksi-faksi Jokowi-JK,” tukasnya. Nah, sekarang berpulang kepada DPR. Apakah DPR dalam hal ini kubu KMP berani atau menungu negeri ini sampai hancur? (rd)