Istana: Rencana Tanggal 28 Juli, Jokowi Jadi Berkantor di IKN

Presiden Jokowi Optimistis Pembangunan IKN Berjalan Lancar | Sekretariat  Negara

Eramuslim.com – Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengungkapan rencana Presiden Joko Widodo berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, pada akhir Juli 2024 ini.

Menurut Heru, Presiden Jokowi dijadwalkan berkunjung ke IKN pada 28 Juli mendatang.

“Ya beliau kan rencana tanggal 28 ke IKN. Nanti media juga diajak,” ujar Heru di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (24/7/2024).

“Ya (Presiden menginap di IKN) satu sampai dua hari. Saya lagi persiapkan ini rapat dengan teman-teman Sekretariat Presiden dan Kementerian PUPR juga mempersiapkan,” jelasnya.

Heru pun menjelaskan kegiatan Presiden pada 28 Juli mendatang salah satunya akan meninjau dan meresmikan Jalan Tol IKN.

Oleh karenanya, Heru menyebut saat ini Sekretariat Presiden dan Kementerian PUPR sedang mempersiapkan kebutuhan teknis untuk Presiden berkantor di IKN.

“Kami bersama PUPR dan Sekretariat Presiden mempersiapkan segala kebutuhan untuk Bapak Presiden berkantor di IKN,” jelasnya.

Adapun setelah 28 Juli, Presiden juga akan beberapa kali kembali ke IKN untuk persiapan kegiatan peringatan HUT RI ke-79.

Sementara itu untuk persiapan fisik kegiatan berkantor, saat ini pihak Sekretariat Presiden sedang menyiapkan furnitur, baik meja, kursi maupun lampu.

Lebih lanjut, Heru juga dikonfirmasi soal informasi bahwa Presiden Jokowi akan menggelar sidang kabinet di IKN.

Menurut Heru, hal tersebut sebaiknya ditanyakan lebih lanjut kepada Sekretaris Kabinet.

Sebelumnya, hingga awal Juli 2024, saat ditanyakan terkait kepastian berkantor IKN Nusantara, Jokowi mengakui bahwa sarana prasarana belum siap sehingga rencana tersebut urung dilakukan.

“Airnya sudah siap belum? Listriknya sudah siap belum? Tempatnya sudah siap belum? Kalau siap, pindah,” ujar Jokowi di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada 8 Juli 2024.

“Sudah (dapat laporan dari Kementerian PUPR), tapi belum (belum siap). Sudah, tapi belum,” katanya lagi.

Padahal semula Jokowi menargetkan bakal berkantor di sana pada Juli 2024.

Sumber: kompas

Beri Komentar