Iran Mengajak Negara-negara Islam Untuk Berikan Dukungan Pada Hamas

Pemerintah Iran sepenuhnya akan menghormati hasil keputusan pemilu Palestina, yang membawa kelompok Hamas sebagai pemegang. Sebab hasil tersebut diperoleh melalui proses yang sangat demokratis. Demikian Menteri Luar Negeri Iran Manouchehr Mottaki usai bertemu dengan Menlu RI Hasan Wirajuda di Gedung Pancasila Jakarta, Kamis (23/02).

"Kami sangat menghormati hasil pemilu Palestina, karena pelaksanaannya sangat demokratis, " katanya.

Dirinya meminta negara diseluruh dunia terutama negara Islam mendukung hak-hak Hamas dalam membangun pemerintahannya. "kita memiliki tanggungjawab sebagai negara Islam utnuk mendukung saudara kita di Palestina dan mendukung perkembangan yang baru di sana. Itu sudah dilakukan oleh Iran, " ujarnya.

Lebih lanjut ia menegaskan, jika masukan dan dukungan dari negara-negara Islam kepada Palestina terus dilakukan secara kordinatif, hal ini sangat berguna untuk pembentukan sebuah negara yang modern di Palestina.

Menurutnya, pihak Iran akan mengupayakan dibentuknya koalisi kolektif antara negara-negara Islam utnuk menyelesaikan masalah Palestina, serta mendukung kegiatan pemerintahan di Palestina. (Novel/Travel)