Inisial M yang Kena Reshuffle Kemungkinan Besar Moeldoko

“Adapun Nadiem, memang layak diganti. Nadiem bukanlah sosok yang paham pendidikan, sehingga muncul sejumlah kontroversi di internal Kemendikbud, mulai dari penunjukan Dirjen mantan Kepala Sekolah SMA & kepala dinas Jateng yang disinyalir titipan politisi dari Jawa Tengah; berkuasanya Staf Khusus Mendikbud dalam menentukan arah kebijakan-kerbijakan,” ujarnya.

“Internal Kemendikbud hingga kontroversi bantuan hibah dana Dikti yang diduga melibatkan lembaga yayasan milik pengusaha-pengusaha besar, bukannya memberdayakan yang lemah tapi justru memanjakan yang sudah kuat,” lanjut Umam.

Lebih lanjut, Umam yakin inisial M itu adalah Moeldoko. “Namun terlepas dari itu, memang inisial M lebih dekat dengan nama Moeldoko. Mungkin saja Presiden Jokowi akan berikan penugasan lain,” ujarnya.

Sebelumnya, bocoran inisial M sendiri datang dari salah satu anggota koalisi Jokowi-Ma’ruf Amin, yaitu PKB. Elite PKB, Luqman Hakim, menyebut memberikan informasi inisial anggota kabinet yang akan di-reshuffle Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Presiden Jokowi akan me-reshuffle anggota kabinet yang dengan inisial huruf M,” kata Lukman kepada detikcom, Kamis (15/4/2021). [gelora]