Ini Yang Bikin Indonesia Berubah Jadi Negara Garong

kabar-dan-gambar-abraham-samad-dan-megawati-terkait-kasus-blbi-yang-tidak-jelas-di-tangan-kpk1Eramuslim.com – Memasuki tahun 2016, tokoh nasional Rachmawati Soekarnoputri meminta agar segala macam cara merekayasa hukum dihentikan.

Rekayasa hukum seperti yang terjadi dalam kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) yang merugikan negara hingga Rp 600 triliun, misalnya, dapat dianggap menjadi pemicu dari semua kasus korupsi yang terjadi di masa reformasi.

Walau meragukan itikad penegak hukum dalam mengusut kasus ini, Rachma berharap kasus BLBI tidak dianulir.

Menurut Rachma, ada kesan kuat yang memperlihatkan lembaga-lembaga penegak terkesan sudah dikooptasi oleh kepentingan politik elit penguasa.

Contohnya cara-cara rekayasa kasus BG dimana skenario teknis hukum mulai dari praperadilan yang melanggar pasal 77 KUHAP, lalu dilempar ke Kejagung yang dikuasai oleh orang dari partai penguasa dan dikembalikan ke Polri yang juga dikuasai oleh partai penguasa,” sambungnya.

Rachmawati mengingatkan, cara-cara manipulasi rekayasa hukum seperti ini merupakan bencana sangat buruk bagi negara.

Inilah  yang membuat Indonesia bisa berubah menjadi republik garong, seperti yang pernah dikatakan Buya Syafii Maarif,” demikian Rachma.(ts/pm)